Barus, Riahta (2013) MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI NO. 064989 MEDAN AMPLAS TAHUN AJAR 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313283 Judul.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
108313283 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
108313283 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
108313283 Abstrak.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
108313283 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
108313283 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
108313283 Daftar Diagram.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
108313283 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
108313283 Bab I.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
108313283 Bab V.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
108313283 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
108313283 Daftar Riwayat Hidup.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalahsiswa kelas V SD Negeri No.064989 Medan Amplas yang berjumlah 25 orang siswa, yangterdiri dari 15 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Alat yang digunakan dalampengumpulan data adalah lembar observasi.Penelitian ini berutujuan untuk mengetahui peningkatkan keterampilan berbicarasiswa di kelas V SD Negeri No.064989 Medan Amplas pada pelajaran Bahasa Indonesiadengan menggunakan pendekatan konstruktivisme. Yang menjadi masalah dalam penelitianini adalah apakah dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkanketerampilan berbicara siswa pada mata mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDNegeri No.064989 Medan Amplas T.A 2012/2013?.Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I pertemua I dan pertemuan II, siklusII pertemuan I dan pertemuan II.Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui pada siklus I pertemuan I terdapat 4orang siswa (16%) yang memperoleh keterampilan berbicara, 21 orang siswa (84%) yangkurang terampil berbicara. Pengamatan yang dilakukan terhadap guru menunjukkan nilairata-rata 61,36. Pada siklus 1 pertemuan 2 terdapat 11 orang siswa (44%) yang memeperolehketerampilan berbicara, 14 orang siswa (56%) yang kurang terampil berbicara. Pengamatanyang dilakukan terhadap guru menunjukkan nilai rata-rata 65,90. Pada siklus II pertemuan 1terdapat 21 orang siswa (84%) yang memperoleh keterampilan berbicara, 4 orang siswa(16%) yang kurang terampil berbicara. Pengamatan yang dilakukan terhadap aktifitas gurumenunjukkan nilai rata-rata 81,81. Pada siklus II pertemuan 2 terdapat 25 orang siswa(100%) yang memperoleh keterampilan berbicara. Dan dari hasil pengamatan aktifitas gurumenunjukkan nilai rata-raat 90,90.Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakanpendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada matapelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri No.064989 Medan Amplas T.A 2012/2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.6 Bar m |
Keywords: | Keterampilan Berbicara; Pendekatan Konstruktivisme; Alasan-alasan |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 04:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7224 |