Yani, Irma (2013) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMEBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA PELAJARAN PKN DI KELAS IV SD NEGERI 105335 KEBUN SAYUR TG.MORAWA T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313150 Judul.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
108313150 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
108313150 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
108313150 Abstrak.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
108313150 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
108313150 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
108313150 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
108313150 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
108313150 Bab I.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
108313150 Bab V.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
108313150 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana meningkatkan motivasibelajar siswa dengan penggunaan model pembelajaran Tutor Sebaya padapelajaran PKn Di kelas IV. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kegunaanTutor Sebaya dalam pembelajaran PKn untuk meningkatkan motivasi belajarsiswa kelas IV SD Negeri 105335 Kebun Sayur TG.Morawa.Penelitian Tindakan kelas yang digunakan adalah model pembelajaran TutorSebaya yang dilakukan di SD 105335 Kebun Sayur TG.Morawa dengan subjek 32orang siswa dan menggunakan dua siklus, dalam setiap siklus dilakukan melalui4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan datadilakukan dengan menggunakan angket dan lembar observasi kepada siswa sertadata analisis tekhnik persentase.Hasil penelitian dari 32 orang siswa, pada kondisi awal dengan melalui freetest terdapat 20 orang siswa motivasinya rendah (62,5%),8 orang siswa (25%)yang motivasinya sedang, dan 4 orang siswa (12,5%) yang motivasinya tinggi.Pada siklus I terdapat 10 orang siswa (31,2%) yang motivasi belajarnya tergolongrendah, 16 orang siswa (50%) yang motivasi belajarnya sedang, dan 6 orang siswa(18,7%) motivasi belajarnya tinggi. Ini menunjukkan bahwa hasil penelitian inibelum mencapai kriteria ketuntasan belajar maka penelitian ini dilanjutkan padasiklus II dengan memberikan pembelajaran Tutor Sebaya dan latihan yanghasilnya tidak terdapat motivasi belajar siswa yang tergolong rendah (0%). 5orang siswa (15,6%) dan 27 orang siswa (84,3%) motivasi belajarnya tergolongtinggi. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakanmodel pembelajaran Tutor Sebaya dapat meningkatkan motivasi belajar siswakelas IV SD Negeri 105335 Kebun Sayur TG.Morawa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.832 Yan m |
Keywords: | Motivasi Belajar; Ciri-ciri; Fungsi; Jenis-jenis; Faktor-faktor; Model Pembelajaran; Model Tutor Sebaya; Kelebihan; Pelajaran PKN di SD |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 02:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7218 |