Barus, Jelisha Fathea (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE RESITASI/PEMBERIAN TUGAS PADA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI NO 066046 HELVETIA TAHUN PELAJARAN 2012/2013 MEDAN HELVETIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313155 Judul.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
108313155 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
108313155 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
108313155 Abstrak.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
108313155 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
108313155 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
108313155 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
108313155 Bab I.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
108313155 Bab V.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
108313155 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA melalui metode pembelajaran Resitasi/Pemberian Tugas pada pokok bahasan Bagian-Bagian Tumbuhan Dan Fungsinya dikelas IV SD. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri No 066046 Medan Helvetia. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas IV SD, yang berjumlah 27 orang siswa, yang terdiri dari18 perempuan dan9 laki-laki.Penelitian ini tentang penerapan Metopde Resitasi/Pemberian tugas pada mata pelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan adalah berpedoman pada observasi dan lembar tes.Desain penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: Perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dimulai dari tes awal (pre tes) diperoleh (1) nilai rata-rata kelas adalah38.8% dengan penjelasan, siswa yang tuntas sebanyak 5 orang dengan persentase ketuntasan 18,51% dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 22 orang dengan persentase tidak tuntasnya 81.48% (2) nilai rata-rata kelas pada siklus 1 adalah 54,81 dengan penjelasan,siswa yang tuntas sebanyak 6 orang dengan persentase ketuntasan 22,22% dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 21 orang atau persentase tidak tuntasnya 77,7% (3) nilai rata-rata kelas pada siklus 2 adalah 74,81 dengan penjelasan, siswa yang tuntas sebanyak 22 orang atau persentase ketuntasan 81.48% dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 5 orang atau persentase tidak tuntasnya 18.51%Hasil tes siswa disetiap siklus memberikan hasil yang memuaskan dari siklus 1 sampai siklus 2 dengan nilai rata-rata dan persentase ketuntasan mengalami peningkatan. berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan kepada guru agar dapat mencoba menerapkan metode Resitasi/ Pemberian Tugas sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil belajar IPA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Bar m |
Keywords: | Tentang Belajar; Belajar; Faktor; Hasil Belajar; IPA; Resitasi; Struktur Daun; Kontekstual |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 05:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7216 |