Agung, Fatih (2013) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MIND MAP PADA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 065006 KEC. MEDAN BELAWAN T.A. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
1104311016 Judul.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
1104311016 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
1104311016 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
1104311016 Abstrak.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
1104311016 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
1104311016 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
1104311016 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
1104311016 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
1104311016 Bab I.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
1104311016 Bab V.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
1104311016 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
1104311016 Riwayat Hidup.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diteliti pada penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajarsiswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD negeri 065006 Medan. Penelitian inibertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menerapkan modelpembelajaran Mind Map pada materi Alat Pernapasan pada Hewan pada siswakelas V SD Negeri 065006 Medan T.A. 2012//2013Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian iniadalah seluruh siswa kelas V SD negeri 065006 Medan yang berjumlah 20 orangsiswa dengan jumlah laki-laki 8 orang siswa dan 12 orang siswa perempuan .Penelitian ini terdiri dari II siklus, siklus I dan siklus II. Sebelum dilakukantindakan pada siklus I peneliti melakukan observasi yang bertujuan untukmengetahui motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA.Berdasarkan hasil analisi observasi pada saat pratindakan motivasi belajarsiswa dapat dijelaskan bahwa dari 20 siswa pada siklus I terdapat motivasi siswarendah, sedang dan tinggi. Dari 20 orang siswa di atas, pada siklus I ada sebanyak11 orang siswa atau 55 %, pada siklus II ada sebanyak 0 orang siswa atau 0 %yang tergolong kriteria motivasi rendah. Dari 20 orang siswa di atas, pada siklus Iada sebanyak 6 orang siswa atau 30 %, pada siklus II ada sebanyak 4 orang siswaatau 20 % yang tergolong kriteria motivasi sedang. Dari 20 orang siswa di atas,pada siklus I ada sebanyak 3 orang siswa atau 15 %, pada siklus II ada sebanyak16 orang siswa atau 80 % yang tergolong kriteria motivasi tinggi.Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan ModelPembelajaran Mind Map dapat meningkatkan motivasi belajar siswa padapelajaran IPA khususnya pada materi Alat Pernapasan pada Hewan. Oleh karenaitu disarankan agar guru mempersiapkan alat dan bahan serta melaksanakanmodel yang tepat yaitu Model Pembelajaran Mind Map pada pelajaran IPA agardapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi Alat Pernapasan padaHewan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.351 Agu m |
Keywords: | Belajar; Motivasi; Model Pembelajaran Mind Map; Pembelajaran IPA; Alat Pernafasan Pada Hewan |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 08:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7215 |