Rambe, Tiar Hamdani (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROBLEM POSING KELAS IV SD NEGERI 107400 BANDAR KHALIPAH T.A. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313371 Judul.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
108313371 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
108313371 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
108313371 Abstrak.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
108313371 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
108313371 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
108313371 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
108313371 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
108313371 Bab I.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
108313371 Bab V.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
108313371 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa. Selanjutnya yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan metode problem posing kelas IV SD Negeri 107400 Bandar Khalipah T.A 2012/2013.Metode pembelajaran yang diupayakan untuk menggunakan metode PROBLEM POSING. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV-A SD Negeri 107400 yang bejumlah 36 siswa yang terdiri dari 16 laki-laki dan 20 perempuan. Penelitian dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Instrumen penelitian menggunkan tes dan observasi.Pada siklus I pertemuan I persentase hasil pengamatan observasi belajar terhadap siswa masih tergolong rendah dengan nilai persentase hasil pengamatan sebesar 67,85% sedangkan persentase hasil pengamatan terhadap guru sebesar 66,7% sedangkan pada pertemuan ke-II juga masih tergolong rendah dengan persentase hasil penagamatan terhadap guru sebesar 70,42% dan persentase hasil pengamatan terhadap siswa sebesar 71,42%. Berdasarkan kesimpulan sementara bahwa hasil observasi belum meningkat sehingga perlu perbaikan dan pengembangan pada siklus II. Ternyata setelah menggunakan metode Problem Posing hasil observasi tergolong sangat baik. Persentase hasil pengamatan terhadap guru siklus II pertemuan II dengan hasil pengamatan sebesar 97,22% dan persentase hasil pengamatan terhadap siswa sebesar 89,28%. Sedangkan pada pertemuan ke- II tergolong sangat baik dengan persentase hasil pengamatan terhadap guru sebesar 100% dan persentase hasil pengamatn terhadap siswa sebesar 96,42%.Hasil belajar pada saat pre test diperoleh hasil dari 36 siswa terdapat 7 siswa (19,44%) yang mencapai syarat ketuntasan belajar dan 29 siswa (80,56%) belum tuntas, dengan nilai rata-rata sebesar 44,72 dan masih dalam kategori rendah. Berdasarkan hasil pre test maka diupayak untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode problem posing. Hasil belajar pada siklus I pertemuan I diperoleh hasil dari 36 siswa terdapat 19 siswa (52,78%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 17 siswa ( 47,78%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan rata-rata 64,72 dan pada pertermuan ke- II diperoleh hasil belajar siswa yaitu dari 36 siswa terdapat 20 siswa (55,56%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dan 16 siswa (44,44%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 65,28. Untuk itu guru masih perlu melaksanakan perbaikan,ternyata pada siklus II pertemuan I hasil belajar meningkat, dari 36 siswa terdapat 32 siswa (88,89%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dan 4 siswa (11,11%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 89,17 dan pada pertemuan II meningkat, dari 36 siswa terdapat 33 siswa (91,67%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dan 3 siswa (8,33%) belum mencapai tingkat tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 89,72.Dengan demikian, penggunaan metode problem posing terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SD Negeri107400 Bandar Khalipah. Dan disarankan metode pembelajaran ini digunakan pada mata pelajaran selain matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.705 1 Ram m |
Keywords: | Belajar; Problem Passing; Faktor-faktor; Pembelajaran Matematika; Soal Cerita; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 02:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7209 |