Pasaribu, Fenny Catryn (2013) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SAINS DENGAN MENGGUNAKAN METODE PICTURE AND PICTURE DI KELAS IV SD SWASTA ROLINA MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
1104311017 Judul.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
1104311017 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (538kB) | Preview
1104311017 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
1104311017 Abstrak.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
1104311017 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
1104311017 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
1104311017 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
1104311017 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
1104311017 Bab I.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
1104311017 Bab V.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
1104311017 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
1104311017 Riwayat Hidup.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswapada mata pelajaran Sains pada materi Daur Hidup Hewan. Dikatakan siswamemiliki motivasi rendah karena tidak adanya motivasi dalam diri siswaterhadap pelajaran sains, siswa sering merasa bosan dan jenuh hal ini tampakpada sikap siswa yang sering mengantuk selama kegiatan belajar mengajar,metode yang digunakan guru bersifat konvensional yaitu ceramah dan tanyajawab selain itu guru lebig aktif dibandingkan dengan siswa dengan arti kataketika guru mengajukan pertanyaan siswa tidak mampu menjawab sehinggapertanyaan yang diberikan guru dijawab oleh guru sendiri. Adapun yang menjaditujuan dari permasalahan yang ada yaitu untuk memperbaiki pembalajarandengan cara meningkatkan motivasi belajar sains dengan menggunakan metodepicture and picture di kelas IV SD Swasta rolina tahun ajaran 2012/2013. Jenispenelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas.Berdasarkan analisis hasil observasi tingkat motivasi belajar siswa dapatdijelaskan bahwa dari 25 orang siswa pada kondisi awal terlihat bahwa hanya 2orang yang termotivasi (8%) dan 23 orang yang belum termotivasi (92%) makadari data kondisi awal yang diperoleh dilakukan pelaksanaan pada siklus Ipertemuan I dimana pada siklus I pertemuan I diperoleh data dari 25 orang siswadi atas ada 4 orang (16%) yang termotivasi dan 21 orang (84%) yang belumtermotivasi. Pada siklus I pertemuan II terdapat 6 orang (24%) yang termotivasidan 19 orang (76%) yang belum termotivasi. Pada siklus II pertemuan I terdapat14 orang (56%) siswa yang termotivasi dan 11 orang (44%) siswa yang belumtermotivasi. Sedangkan pada siklus II pertemuan II perubahan yang terjadi sangatmeningkat yaitu jumlah siswa yang termotivasi menjadi 24 orang (96%) danyang belum termotivasi 1 orang (4%).Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metodePicture and Picture dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaranSains khususnya pada materi Daur Hidup Hewan. Oleh karena itu disarankanpenerapan metode picture and picture dapat dijadikan sebagai salah satu metodeyang digunakan guru di sekolah, setiap guru mata pelajaran apapun dapatmengembangkan perangkat pembelajaran dengan menggunakan metode pictureand picture, hendaknya guru dan orangtua ikut serta dalam memberikanperhatian kepada peserta didik dalam memotivasi siswa dengan memberikanarahan dan bimbingan yang baik serta memberikan sarana dan prasarana belajaryang memadai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Pas m |
Keywords: | Belajar; Tjuan Belajar; Motivasi; Faktor; Fungsi; Motivasi; Jenis; Bentuk; Metode Picture; IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 07:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7201 |