Nasution, Miftah Mahyani (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN INQUIRY-DISCOVERY PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 106177 TUNGKUSAN TANJUNG MORAWA T.A. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109811091 1 Cover.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
109811091 2 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
109811091 3 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
109811091 4 Abstrak.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
109811091 5 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
109811091 6 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
109811091 7 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
109811091 8 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
109811091 9 Bab I.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
109811091 10 Bab V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
109811091 11 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
109811091 12 Lampiran.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan metode pembelajaran inquiry-discovery dapat meningkatkan hasil belajar sains siswa pada materi alat pencernaan manusia di kelas V SD Negeri 106177 Tungkusan Tanjung Morawa T.A. 2012/2013. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode pembelajaran inquiry-discovery dapat meningkatkan hasil belajar sains siswa pada materi alat pencernaan manusia di kelas V SD Negeri 106177 Tungkusan Tanjung Morawa T.A. 2012/2013.Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini siswa siswa kelas V SD Negeri 106177 Tungkusan Tanjung Morawa tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 1 kelas yang berjumlah 32 orang terdiri dari 19 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dan lembar format observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian menujukkan bahwa dari hasil pretes diperoleh rata-rata nilai sebesar 29,4 atau tergolong rendah dengan persetase ketuntasan secara klasikal sebesar 0%. Pada siklus I, hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata nilai sebesar 65,9 dan jumlah siswa yang dinyatakan tuntas sebanyak 22 siswa atau 68,8% sedangkan siswa yang belum tuntas sebanyak 10 siswa atau 31,2% dan secara klasikal para siswa masih dinyatakan belum mencapai ketuntasan dalam belajar karena masih kurang dari 85%. Setelah dilakukan perbaikan pembelajaran pada siklus II, dari hasil postes rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi sebesar 82,7 dan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 31 siswa atau 96,9% sementara 1 orang atau 3,1% masih belum tuntas dan secara klasikal para siswa dinyatakan telah berhasil mencapai ketuntasan dalam belajar.Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran inquiry-discovery dapat meningkatkan hasil belajar sains siswa pada materi alat pencernaan manusia di kelas V SD Negeri 106177 Tungkusan Tanjung Morawa T.A. 2012/2013. Sebagai tindak lanjut disarankan kepada guru untuk dapat menggunakan metode pembelajaran inkuiri-diskoveri dalam meningkatkan hasil belajar sains.i
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Nas m |
Keywords: | Hakikat Belajar; Hasil Belajar; Pembelajaran; Materi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 01 Aug 2016 08:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7193 |