Cahya, M. Prayoga Dwi (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN KELAS IV SDN. 068474 MEDAN LABUHAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313195 COVER.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
108313195 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
108313195 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
108313195 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
108313195 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
108313195 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
108313195 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
108313195 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
108313195 BAB I.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
108313195 BAB V.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
108313195 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah Penggunaan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Materi Ajar Penggunaan Sendi-Sendi Yang Terdapat Pada Tubuh Manusia Kelas IV SD NEGERI 068474 Medan Labuhan dan penelitian ini bertujuan : Untuk mengetahui Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA materi memahami penggunaan sendi-sendi yang terdapat pada tubuh manusia dengan Menggunakan Metode Eksperimen Kelas IV SD.Negeri No.068474 Medan Labuhan Tahun Ajaran 2012.Adapun tujuan yang akan dilihat dalam penelitian ini adalah : Untuk mengetahui meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran ipa materi memahami menggunakan sendi-sendi yang terdapat pada tubuh manusia dengan menggunakan metode eksperimen kelas IV SD.Negeri No.068474 Medan Labuhan Tahun Ajaran 2012. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah Siswa kelas IVa SD Negeri 068474 Medan Labuhan sebanyak 27 siswa. Alat pengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui tes dan observasi dan Data dianalisis dengan persentase.Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata kelas pada tes awal mencapai 9,96 dan terdapat 18 siswa atau 66,66% yang mendapat hasil belajar tes awal dari 9 siswa atau 33,33% yang mendapat hasil belajar dalam kategori tuntas belajar. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pada tes siklus I mencapai 13,88. Dari 27 siswa, 14 siswa yang tuntas hasil belajar dengan persentase 51,85% sedangkan 13 siswa yang tidak tuntas hasil belajar dengan persentase 48,14%. Berdasarkan hasil tes awal dan siklus I diperoleh peningkatan persentase ketuntasan belajar secara klasikal 18,52%. Tes hasil belajar siklus II nilai rata-rata mencapai 17,66. Dan 25 siswa 92,59% telah tuntas hasil belajar. Sedangkan 2 siswa 7,14% belum tuntas hasil belajar.Dari hasil analisis di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa tes belajar siklus I ke tes hasil belajar siklus II diperoleh peningkatan. Hasil belajar inilah yang menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam pembelajaran penggunaan sendi-sendi yang terdapat pada tubuh manusia mengalami peningkatan. Bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen membuat siswa bersemangat dan aktif dalam mempelajari penggunaan sendi-sendi yang terdapat pada tubuh manusia yang akhirnya dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menentukan ciri-ciri penggunaan dari sendi yang terdapat pada tubuh manusia dan pengertian dari sendi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Cah m |
Keywords: | Belajar; Hasil Belajar; Karakteristik; Hakikat; Eksperimen; Manfaat; Tujuan; kelebihan; Pembelajaran; Penggunaan Sendi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 02:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7191 |