Hotang, Nurhalimah Br. (2013) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD SWASTA SYARIFAH PERCUT SEI TUAN TA. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109111047 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
109111047 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (479kB) | Preview
109111047 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
109111047 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
109111047 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
109111047 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
109111047 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
109111047 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
109111047 BAB I.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
109111047 BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
109111047 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
Abstract
Adapun masalah dalam penelitian ini kurangnya rasa ingin tahu siswa terhadap materi pelajaran IPS karena guru kurang mengembangkan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa sehingga aktivitas belajar siswa belum meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan materi pokok Kegiatan Ekonomi dalam Memanfaatkan Sumber Daya Alam dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick di kelas IV SD Swasta Syarifah Percut Sei Tuan TA. 2012/2013.Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick untuk mengetahui sebagaimana peningkatan aktivitas belajar siswa dengan materi pokok Kegiatan Ekonomi dalam Memanfaatkan Sumber Daya Alam. Adapun penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus yang terdiri dari dua pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Swasta Syarifah Percut Sei Tuan yang berjumlah 38 orang, terdiri dari 20 orang siswa laki-laki dan 18 orang siswa perempuan. Adapun teknik pengumpulan data adalah melalui lembar observasi aktivitas belajar siswa berupa daftar check list.Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa dari 38 orang siswa nilai rata-rata aktivitas belajar siswa pra siklus 55,09%, pada siklus I pertemuan 1 naik menjadi 65,78% dan pertemuan 2 menjadi 72,77%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II pertemuan 1 menjadi 76,31% dan pertemuan 2 meningkat sampai 80,09%. Sedangkan rata-rata ketuntasan klasikal kelas siklus I pertemuan 1 sebesar 26,31%, siklus I pertemuan 2 meningkat menjadi 55,26%. Kemudian pada siklus II pertemuan 1 naik menjadi 65,78% dan pertemuan 2 naik menjadi 78,94%. Skor tersebut telah mencapai skor ketuntasan klasikal yang ditetapkan oleh peneliti, yaitu 75%. Kemudian Hasil observasi guru juga mengalami peningkatan dimana siklus I pertemuan 1 sebesar 65% naik menjadi 72,5% pada siklus I pertemuan 2, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II pertemuan 1 menjadi 80% dan pertemuan 2 meningkat menjadi 85%.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa setelah dilaksanakannya proses belajar mengajar pada mata pelajaran IPS dengan materi pokok kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam di kelas IV SD Swasta Syarifah Percut Sei Tuan TA. 2012/2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Hot u |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Jenis-jenis; Manfaat; Pembelajaran Talking Stick |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 07:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7185 |