Rachman, Dita Amelia (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE THINK PAIR AND SHARE PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN 066657 MEDAN LABUHAN T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313071 COVER.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
108313071 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
108313071 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
108313071 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
108313071 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
108313071 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
108313071 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
108313071 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
108313071 BAB I.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
108313071 BAB V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
108313071 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Think Pair And Share pada materi kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam. Dikarenakan masih rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS.Rumusan masalah dalam penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Siklus I dan II masing-masing memiliki dua pertemuan. Pada setiap pertemuan peneliti melakukan test hasil belajar terhadap siswa, untuk mengetahui tingkat ketuntasan belajar siswa. “Apakah Penerapan Metode Think Pair And Share ini dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Materi Kegiatan Ekonomi Dalam Memanfaatkan Sumber Daya Alam Di kelas IV SDN 066657 Medan T.A 2012/2013 ?” Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah sebanyak 30 orang siswa yang berasal dari kelas IV pada tahun ajaran 2012/2013, untuk memperoleh data dalam penelitian ini penulis melakukan penelitian pengumpulan data dengan cara memberi test. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Dari hasil analisis data diperoleh 12 siswa (40%) yang mencapai syarat ketuntasan belajar dan 18 orang siswa diperoleh (60%) belum mencapai tingkat ketuntasan tingkat ketuntasan belajar, dari pretest diperoleh nilai rata-rata 62,66. Dari hasil analisis data pada siklus I diperoleh 20 siswa (66,67%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dan 10 siswa (33,33%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 70. Dari hasil tes pada siklus II diperoleh 27 siswa (90%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 81,33.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode Think Pair And Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 066657 Medan Labuhan. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa pembelajaran dengan Think Pair And Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Rac m |
Keywords: | Hasil Belajar; MEtode think Pair And Share; Kelebihan; Kelemahan; Memanfaatkan SDA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 07:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7181 |