Araneda, Octivian (2015) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA DALAM MENGURANGI EGOSENTRIS REMAJA PADA SISWA SMP NEGERI I PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103151053 COVER.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
1103151053 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (662kB) | Preview
1103151053 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
1103151053 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
1103151053 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
1103151053 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
1103151053 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
1103151053 BAB I.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
1103151053 BAB V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
1103151053 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Bagaimana pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dalam mengurangi egosentris pada siswa kelas VII SMP Negeri I Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dalam mengurangi egosentris remaja pada siswa kelas VII SMP Negeri I Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah ekperimen semu dengan desain pre-test dan post-test. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan metode purposive sampling dari siswa kelas VII-3 yang berjumlah 32 siswa di SMP Negeri 1 PERCUT SEI TUAN tahun ajaran 2014/2015 sehingga diketahui 10 orang siswa yang akan diberikan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket yaitu angket egosentris remaja sebanyak 36 butir yang terlebih dahulu diujicobakan dan dianalisis oleh peneliti untuk mendapatkan angket yang valid dan reliable.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dalam mengurangi egosentris pada siswa kelas VII SMP Negeri I Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2014/2015. Dari hasil analisis diperoleh data Pre-Test egosentris remaja rata-rata = 78,2 termasuk kategori sedang, dan rata-rata Post-Test = 65 termasuk kategori sedang. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji wilcoxon yang menunjukkan bahwa pada uji jumlah jenjang wilcoxon diperoleh hasil perhitungan jumlah jenjang bertanda positif = 55 dan jumlah jenjang bertanda negatif = 0. jadi, nilai J= 0 yaitu jumlah jenjang yang lebih kecil.Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda wilcoxon untuk n = 10, α = 0,05 pengujian dua arah J0,05 = 8. Oleh karena J(0) < J0,05 (8) maka H0 ditolak. Ini berarti egosentris remaja antara sebelum dan sesudah pemberian layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama tidaklah sama, dalam hal ini siswa yang telah mendapatkan pemberian layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama mengalami penurunan egosentris remaja.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.46 Ara p |
Keywords: | Egosentris Remaja; Bimbingan Kelompok; Teknik Sosiodrama |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 07:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7169 |