Rajagukguk, Linceria (2013) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PEMBELAJARAN KERJA KELOMPOK DI TK SANDHY PUTRA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
109113028 COVER.pdf - Published Version
Download (424kB) | Preview
109113028 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
109113028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
109113028 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
109113028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
109113028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
109113028 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
109113028 BAB I.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
109113028 BAB V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
109113028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah : (1) anak cenderung ribut, mengganggu teman yang belum selesai, merasa bosan,membuat suasana kelas menjadi ribut, dan tidak terkontrol,(2) guru terlalu memperhitungkan waktu dan kesempatan yang tersedia, membuat anak merasa tertekan dalam belajar karena dibayang-bayangi rasa kecemasan tidak berhasil mengerjakan tugasnya,(3) guru masih mengguankan pembelajaran kelompok yang konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Motivasi Belajar anak usia 5-6 tahun menlalui Pembelajaran Kerja Kelompok di TK Sandhy Putra Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar anak usia 5-6 tahun melalui pembelajaran kerja kelompok di TK Sandhy Putra Medan T.A 2012/2013 Penelitian ini dilakukan di TK Sandhy Putra Medan yang berlokasi di Jalan Bersama, No 276 Letda Soejono (Bdr Selamat) Medan. Penelitian ini dilakukan dengan penedekatan penelitian tindakan kelas. Objek penelitian ini adalah motivasi belajar dengan menerapkan pembelajaran kerja kelompok. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, dimana setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan observasi. Hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar anak melalui pembelajaran kerja kelompok pada siklus I pertemuan I terdapat 9 anak (32,1%) motivasi sangat rendah, 17 anak (60,1%) motivasi rendah, dan 2 anak (7,1%) motivasi tinggi. Dan pada pertemuan II menjadi 22 anak ( 78,5%) denagn motivasi rendah, dan 6 anak (21,4%) motivasi tinggi. Motivasi belajar anak pada siklus II pertemuan I terdapat 1 anak (3,5%) motivasi rendah, 27 anak (96,4%) motivasi tinggi, pada pertemuan II mengalami peningkatan terdapat 5 anak (17,8%) dengan motivasi tinggi dan 23 anak( 82,1%) dengan motivasi sangat tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran kerja kleompok dapat meningkatkan motivasi belajar anak. oleh karena itu penerapan pembelajaran kerja kelompok dapat diterapkan pada pembelajaran sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan motivasi belajar anak usia 5-6 tahun.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374.22 Raj u |
Keywords: | motivasi belajar; sekolah; kerja kelompok; pembelajaran; guru; murid |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 06:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7165 |