Sahara, Rita (2012) UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIFITAS BELAJAR SISWAMELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBER HEAD TOGETHER) PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 101780 PERCUT SEI TUAN T.A. 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
10831329 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
10831329 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
10831329 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
10831329 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
10831329 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
10831329 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
10831329 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
10831329 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
10831329 BAB I.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
10831329 BAB V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
10831329 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
Abstract
Masalah yang dihadapi dalam penelitian ini adalah kurangnya pemahaman siswa dalam menguasai materi pembelajaran IP A di kelas V SD Negeri 101780 Percut Sei Tuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran NHT (Number Head Together) dapat meningkatkan efektifitas belajar siswa ke1as V SD Negeri Percut Sei Tuan. Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah "Efektifitas be1ajar siswa pada materi pokok gaya magnet akan meningkat, jika model pembelajatan NHT (Number Head Together) diimplementasikan dengan benar pada siswa kelas V SD Negeri 101780 Percut Sei Tuan T.A 2011/2012. Penelitian ini di1akukan di SD Negeri 101780 Percut Sei Tuan, dengan jenis penelitian yaitu "Penelitian Tindakan Kelas". Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas Vb yang berjumlah 36 siswa. dengan siswa perempuan sebanyak 23 orang dan siswa laki-laki sebanyak 13 orang. Objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran NHT(Number Head Together). Dan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi. Sebagai observer dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran IPA kelas VB yaitu Bapak Aminuddin dan Teman sejawat Ayu Dyah. Dengan bantuan observer akan mempermudah peneliti dalam mengumpulkan data siswa dari proses belajarnya. Dalarn melihat efektifitas belajar siswa di kelas.
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada koodisi awal yang dilakukankan terhadap 36 siswa terdapat 20 orang siswa (55.55%) yang memperoleh kriteria baik, 9 orang siswa (25%) memperoleh kriteria cukup, dan sebanyak 7 orang siswa (19.44%) memperoleh kriteria kurang. Kemudian pada siklus I terdapat
orang 2 siswa (5.55%) yang mencapai kriteria sangat baik, sebanyak 25 orang siswa (69.44%) yang mencapai kriteria baik, dan 9 orang siswa (25%) meneapai kriteria cukup, sehingga dapat disimpulkan sebanyak 27 orang siswa (75%) yang telah mencapai ketuntasan. Pada siklus II terdapat 5 orang siswa (13.88%) yang sudah mencapai kriteria sangat baik, dan sebanyak 26 orang siswa (72.22%) yang mencapai kriteria baik. Sehingga dapat disimpulkan terdapat 31 orang siswa (86.11%) telah mencapai Kriteria ketuntasan. Dari hasil ini mulai dari kondisi awal
hingga siklus II telah mengalami peningkatan yang cukup signifikan, sehingga pada seat siklus II penelitian dihentikan karena telah mencapai ketuntasan dalam efektifitas belajar siswa di kelas. Berdasarkan hasil penelitiaan mulai dati kondisi awal, siklus I dan siklus II sudah terjadi peningkatan yang signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Think. Pair Share dapat meningkatkan motivasi belajar IPA siswa pada materi pokok sumber daya alam di kelas IV SD Negeri I 04233 Bandar Labuhan T.A 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Sah u |
Keywords: | Belajar;Efektifitas; Kooperatif; IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 01 Aug 2016 03:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7154 |