Wanhar, Fira Astika (2012) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PECAHAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS IV SD NEGERI NO 104208 CINTA RAKYAT TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313107 COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
108313107 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
108313107 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
108313107 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
108313107 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
108313107 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
108313107 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
108313107 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
108313107 BAB I.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
108313107 BAB V.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
108313107 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada Pecahan Kelas IV Semester II di SD Negeri No. 104208 Cinta Rakyat Tahun Pelajaran 2011 / 2012 ?”Subjek dalam penelitian yaitu siswa kelas IV SD Negeri 104208 Cinta Rakyat kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang T.A 2011/2012 yang berlokasi di Gang Desa. Kec. Percut Sei Tuan, yang berjumlah 30 orang siswa. Penentuan subjek berdasarkan hasil observasi dan angket yang di lakukan peneliti terhadap guru kelas IV.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, dimana setiap siklus dilakukan 2x pertemuan yang masing-masing pertemuan 35 menit. Jadi dalam 2 siklus ada 4x pertemuan dan 140 menit. Dalam setiap siklus dilakukan melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrument yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu berdasarkan hasil angket yang diberikan pada setiap siklus.Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I pertemuan 1 hasil observasi siswa persentase rata-rata nilai motivasi adalah 1,60 pada siklus I pertemuan 2, persentase rata-rata nilai motivasi 2,16 adalah pada siklus II pertemuan 1, persentase rata-rata nilai motivasi adalah 3,06 pada siklus 11pertemuan 2, persentase rata-rata nilai motivasi adalah 3,37.Dari hasil yang diperoleh dari 30 orang siswa dapat dilihat bahwa setelah dilakukannya tindakan pada setiap siklus terjadi peningkatan motivasi belajar siswa. Ini dapat disimpulkan bahwa dengan Metode Demonstrasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pecahan dengan materi pokok penjumlahan dan pengurangan pecahan di kelas IV SD Negeri 104208 Cinta Rakyat Kec. Percut Sei Tuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Wan m |
Keywords: | Motivasi Belajar; Matematika; Metode Demonstrasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 03:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7149 |