Mardiah, Ainun (2012) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD. NEGERI 101729 KP. LALANG. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313011 COVER.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
108313011 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (658kB) | Preview
108313011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
108313011 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
108313011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
108313011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
108313011 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
108313011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
108313011 BAB I.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
108313011 BAB V.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
108313011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
Abstract
Keterampilan berbahasa mempunyai empat komponen yaitu keterampilan menyimak, keterampilan berbicara keterampilan membaca dan keterampilan menulis. Dalam penelitian ini, peneliti akan membahas keteramilan berbicara. Sesuai dengan praktek pengalaman lapangan terpadu (PPLT) di kelas masih terdapat siswa yang tidak berani berbicara di depan kelas sekitar 40%, keterampilan berbicara siswa masih rendah dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Faktor yang menyebabkan kurangnya tingkat keterampilan berbicara siswa yaitu kurangnya rasa percaya diri siswa untuk mengeluarkan pendapatnya disebabkan oleh rasa takut salah, malu, dan ragu dalam berbicara. Akibatnya, saat guru bertanya dan meminta pendapat siswanya, maka siswa hanya tunduk dan diam tanpa adanya timbal balik dari siswa. Kurangya variasi metode guru dalam menyampaikan pembelajaran mengakibatkan kejenuhan di dalam diri siswa dan suasana belajar menjadi kaku. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada peningkatan keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan metode diskusi pada siswa kelas V SD.Negeri No. 101729 Kp. Lalang T.A 2011/2012?Penelitian ini dilaksanakan di SD.Negeri No.101729 Kp.Lalang, jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( classroom action research) dengan menggunakan Metode Diskusi dengan sasaran utama siswa kelas V SD.Negeri 101729 Kp.Lalang untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD.Negeri No.101729 Kp.Lalang T.A 2011/2012 yang terdiri atas 40 siswa, dengan rincian 25 siswa perempuan 15 siswa laki-laki.Hasil dari tingkat keterampilan berbicara siswa pada siklus I (post test I) yaitu 12,92(45%) dan siswa yang mencapai nilai ketuntasan tersebut hanya 18 orang, sebab hanya 18 orang yang memiliki indikator perindiviu yang dikatakan memiliki keterampilan berbicara yaitu 14,15 dan 16 (70, 75, dan 80). Pada siklus II (post test II) nilai rata-rata siswa terjadi peningkatan dari siklus I yaitu 16 (80) dan siswa yang mencapai nilai ketuntasan sebanyak 40 orang, seuruh siswa telah mencapi nilai indikator keterampilan berbicara perindividu 70 dan pembelajaran dinyatakan mencapai ketuntasan yaitu 80%.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan Metode Diskusi dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa bagi kelas V SD.Negeri No.101729 Kp.Lalang T.A 2011/2012  
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Mar u |
Keywords: | Keterampilan Berbicara; Metode Diskusi; Bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 02:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7142 |