PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SAINS SISWA DI KELAS V SD NEGERI 060822 KECAMATAN MEDAN AREA T.A 2011/2012

Simatupang, Nurfitriana (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SAINS SISWA DI KELAS V SD NEGERI 060822 KECAMATAN MEDAN AREA T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 108313239 COVER.pdf]
Preview
Text
108313239 COVER.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 108313239 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
108313239 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (523kB) | Preview
[thumbnail of 108313239 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
108313239 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 108313239 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
108313239 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 108313239 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
108313239 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 108313239 DAFTAR  TABEL.pdf]
Preview
Text
108313239 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 108313239 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
108313239 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 108313239 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
108313239 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 108313239 BAB I.pdf]
Preview
Text
108313239 BAB I.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[thumbnail of 108313239 BAB V.pdf]
Preview
Text
108313239 BAB V.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 108313239 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
108313239 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah dalam mengajarkan SAINS. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Kreativitas Belajar SAINS Siswa dalam materi daur air di kelas V SD Negeri 060822 Kecamatan Medan Area. Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah 1) Kurang efektifnya KBM pada mata pelajaran IPA (SAINS) di SD. 2) Metode pembelajaran yang digunakan guru masih kurang bervariasi. 3) Siswa masih kebanyakan bermain-main, acuh tak acuh, menghayal dan ketiduran tidak punya inisiatif, tidak mau mengajukan pertanyaan pada saat guru menjelaskan materi. 4) Kurangnya kreativitas belajar siswa pada saat berlangsungnya kegiatan pembelajaran. 5) Hasil belajar IPA (SAINS) siswa yang kurang memuaskan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa di kelas V SD Negeri 060822 Kecamatan Medan Area T.A 2011/2012 yang berjumlah 34 orang siswa, laki-laki 16 orang dan perempuan 18 oarang. Objek dalam penelitian ini adalah Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar SAINS Siswa di Kelas V SD Negeri 060822 Kecamatan Medan Area. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah berupa observasi terhadap kelas selama kegiatan pembelajaran berlangsung, penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan kreativitas pada siklus I pertemuan I terdapat 18 orang (53%) dengan kriteria kurang kreatif menjadi 9 orang (26%) pada siklus I pertemuan II, terdapat 10 orang (29%) dengan kriteria cukup kreatif menjadi 6 orang (18%), kemudian pada kriteria kreatif meningkat dari 5 orang (15%) menjadi 18 orang (53%), dan sama halnya dengan siklus I pertemuan I terdapat 1 orang siswa (3%) yang termasuk pada kriteria sangat kreatif pada siklus I pertemuan II. Pada siklus II pertemuan I, diperoleh data bahwa 6 orang siswa (18%) yang kreativitas belajarnya tergolong kurang, sedangkan 2 orang (6%) tergolong Cukup, 16 orang (47%) tergolong Kreatif, dan 10 orang (29%) tergolong sangat kreatif. Sedangkan Pada siklus II pertemuan II diperoleh data bahwa 15 orang siswa (44%) termasuk dalam kriteria sangat kreatif , 17 orang siswa (47%) kriteria kreatif, 2 orang siswa (6%) kriteria cukup kreatif, dan 1 orang siswa (3%) kriteria kurang kreatif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran berdasarkan masalah dapat meningkatkan kreativitas belajar SAINS siswa pada materi daur air di kelas V SD Negeri 060822 Kecamatan Medan Area T.A 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 372.2 Sim p
Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah; Kreativitas Belajar; Sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 28 Jul 2016 02:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7141

Actions (login required)

View Item
View Item