Situmorang, Laurentina (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUIZ TEAM DI KELAS V SD NEGERI 060804 KEC MEDAN AREA TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313176 COVER.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
108313176 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
108313176 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
108313176 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
108313176 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
108313176 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
108313176 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
108313176 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
108313176 BAB I.pdf - Published Version
Download (413kB) | Preview
108313176 BAB V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
108313176 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah Rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran sains. metode pembelajaran yang diberikan guru masih kurang bervariasi khususnya pada mata pelajaran sains, dan tingkat keaktifan siswa masih kurang dalam pembelajaran sains Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran sains dengan menggunakan metode quiz team di kelas V di SD Negeri 060804 Medan Area Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 060804 Kec Medan Area, penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode quiz team sebagai sasaran utama dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana keefektifan metode quiz team terhadap hasil belajar siswa kelas V pada materi jenis-jenis batuan di SD Negeri 060804 Kec Medan Area Tahun Ajaran 2011/2012. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Negeri 060804 Kec Medan Area. Penentuan subjek ini diperoleh berdasarkan hasil observasi terhadap kelas yang akan diteliti dan saran dari kepala Sekolah. Pelaksanaan PTK dilakukan selama dua siklus. Hasil penelitian pada saat tes awal diperoleh nilai rata-rata sebesar 33,67 dan meningkat menjadi 53,67 pada siklus I dan kembali meningkat menjadi 75,34 pada saat tes siklus II. Sebelum diberikan tindakan, pengetahuan awal tingkat ketuntasan yang dicapai siswa secara klasikal adalah sebesar 16,66% (belum tuntas), setelah dilakukan tindakan pada pada siklus I diperoleh tingkat ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 46,66% yang berarti secara klasikal belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Selanjutnya, dari hasil tes pada siklus II sebagai bentuk perbaikan dari siklus I diperoleh tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 90% yang berarti telah mencapai keberhasilan atau dengan kata lain setelah siklus II siswa secara klasikal sudah mencapai ketuntasan belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode quiz team dalam pembelajaran sains dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada materi jenis-jenis batuan di SD Negeri 060804 Kec Medan Area Tahun Ajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Sit u |
Keywords: | Hsil Belajar Siswa; Sains; Metode Quiz Team |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 02:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7140 |