Nainggolan, Maradu Naik (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 106855 SEI BAMBAN TA 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
071211920024 COVER.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
071211920024 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (553kB) | Preview
071211920024 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
071211920024 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
071211920024 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
071211920024 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
071211920024 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
071211920024 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
071211920024 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
071211920024 BAB I.pdf - Published Version
Download (827kB) | Preview
071211920024 BAB V.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
071211920024 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pokok penjumlaan dan pengurangan pecahan dalam bentuk cerita di kelas IV SD Negeri 106855 Sei Bamban TA 2011/2012. Beberapa masalah yang menyebabkan rendanya hasil belajar siswa yaitu rendahnya kemampuan siswa dalam memahami konsep pecahan dalam bentuk cerita, siswa menganggap mata pelajaran matematika sebagai pelajaran yang sulit, siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal pecahan dalam bentuk cerita dan metode mengajar yang digunakan guru kurang efektif. Penelitian ini bertujuan Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Pada Pelajaran Matematika Materi Pokok Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Dalam Bentuk Cerita di kelas IV SD Negeri 106855 Sei Bamban TA 2011/2012. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 106855 Sei Bamban yang berjumlah 30 orang siswa. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari II siklus, siklus I dan siklus II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti melakukan pretest untuk mengetahui hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa pada saat pretes dari 30 orang siswa diperoleh tingkat ketuntasan sebanyak 10 orang siswa 33,33% mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 20 orang siswa 66,67% mendapat nilai belum tuntas dengan nilai rata-rata 58,33. Pada siklus I terdapat terdapat sebanyak 13 orang siswa (43,33%) mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 17 orang siswa (56,67%) mendapat nilai belum tuntas dengan rata-rata nilai rata-rata 62,00. Pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 27 orang siswa (90%) yang mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 3 orang siswa 10% yang tuntas dengan nilai rata-rata 86,00.Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan pecahan dalam bentuk soal cerita di Kelas IV SD Negeri 106855 Sei Bamban Tahun Ajaran 2011/2012. Oleh karenanya dalam menerapkan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) guru memperhatikan prinsip-prinsip pelaksanan metode kooperatif CIRC guna meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Nai m |
Keywords: | Hasil Belajar Siswa; Metode CIRC; Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 08:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7138 |