Damanik, Elvidayani (2012) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF SISWA DENGAN PEMBERIAN FEEDBACK BIDANG STUDI BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI 106217 LR. AMALIUN SERDANG BEDAGAI T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313088 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
108313088 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (696kB) | Preview
108313088 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
108313088 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
108313088 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
108313088 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
108313088 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
108313088 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
108313088 BAB I.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
108313088 BAB V.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
108313088 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuanmembaca intensif siswa pokok materi teks bacaan pada mata pelajaran BahasaIndonesia di kelas IV SD Negeri 106217 Lr. Amaliun Kecamatan Tg. BeringinKabupaten Deli Serdang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkankemampuan membaca intensif siswa dengan pemberian feedback dan untukmengetahui apakah pember ian feedback dapat meningkatkan kemampuanmembaca intensif siswa.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Neger i 106217 Lr.Amaliun dengan jumlah siswa 30 orang. Waktu penelitian dilaksanakan dari bulanMei sampai dengan bulan Juni 2012. Penelitian yang dilakukan adalah PenelitianTindakan Kelas yang dilaksanakan selama 2 siklus. Setiap sisklus terdiri dari 4tahap yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Teknikpengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Analisis datamenggunakan data kualitatif.Sebelum dilakukan tindakan peneliti memberikan fre tes untuk melihatkemampuan awal siswa kemudian pada siklus I dan II peneliti memberikan postes untuk melihat peningkatan kemampuan membaca intensif siswa.Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pada pre tes sebesar 49,66 dimanaterdapat 6 siswa yang mencapai indikator keberhasilan dan terdapat 24 siswa yangbelum mencapai indikator keberhasilan. Pada siklus I terjadi peningkatan,diperoleh nilai rata-rata sebesar 69,83 dimana terdapat 20 siswa yang memperolehnilai tuntas dengan persentase 66,66% dan terdapat 10 siswa tidak tuntas denganpersentase 33,33%. Pada siklus II juga terjadi peningkatan, diperoleh nilai rataratasebesar 80,66 dimana terdapat 28 siswa yang memperoleh nilai tuntas denganpersentase 93,33% dan terdapat 2 siswa yang tidak tuntas dengan persentase6,66%.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membacaintensif siswa dari siklus I ke siklus II setelah pemberian feedback. Dengandemikian dapat disimpulkan bahwa dengan pemberian feedback dapatmeningkatkan kemampuan membaca intensif siswa di kelas IV SD Neger i 106217Lr. Amaliun Serdang Bedagai T.A 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Dam u |
Keywords: | Membaca Intensif; Fedback; Bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 09:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7136 |