Rambe, Khairunnisah (2012) MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM MENULIS KARANGAN NARASI PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVIS DI KELAS V SD NEGERI 107400 BANDAR KHALIPAH T.A 2012/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313164 COVER.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
108313164 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (525kB) | Preview
108313164 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
108313164 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
108313164 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
108313164 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
108313164 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
108313164 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
108313164 BAB I.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
108313164 BAB V.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
108313164 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
Abstract
Rendahnya kreativitas siswa dalam menulis karangan narasi di kelas V SD Negeri 107400 Bandar Khalipah disebabkan oleh beberapa faktor, seperti sulitnya menuangkan ide dalam karangan, waktu pembelajaran kurang efektif, dan metode yang digunakan guru hanya metode ceramah. Dalam penelitian ini penulis menggunakan strategi pembelajaran yang sesuai dengan keadaan anak, yaitu strategi pembelajaran konstruktivis. Dalam pembelajaran, guru mengaitkan materi pelajaran dengan dunia nyata sehingga mendorong anak mengkonstruk pengalamannya kedalam karangan narasi.Dari hasil penelitian, pada siklus I pertemuan pertama siswa yang kreativitasnya tergolong kurang terdapat 34 orang (75%), yang tergolong cukup terdapat 8 orang (18%), yang tergolong kreatif 3 (7 %), dan yang tergolong tinggi tidak ada (0%) pada pra siklus. Sedangkan pada siklus I pertemuan kedua, diperoleh data bahwa 21 orang (46,7 %) tergolong kurang kreatif, 14 0rang (31,1 %) tergolong cukup kreatif, 10 orang (22,2 %) tergolong Kreatif, dan belum ada siswa (0 %) yang kreativitas belajarnya tergolong sangat Kreatif. Kemudian pada siklus II pertemuan pertama, diperoleh data ada sebanyak 6 orang siswa (13,3%) tergolong kurang kreatif, 8 orang (17,7%) dengan kategori cukup kreatif, 22 orang (49%) dengan kategori kreatif, dan 9 orang (20%) dengan kategori sangat kreatif. Sedagkan pada pertemuan kedua pada siklus II, diperoleh data 3 orang siswa (6,7%) kriteria kurang kreatif, 11 0rang siswa (24,4%) kriteria cukup kreatif, 17 orang siswa (37,8%) kriteria kreatif, dan 14 orang siswa (31,1%) termasuk dalam kriteria sangat kreatif. Secara klasikal, persentase perubahan tingkat kreativitas siswa dalam menulis karangan narasi mencapai 89%. Dengan demikian, penelitian dengan menggunakan strategi pembelajaran Konstruktivis untuk meningkatkan kreativitas siswa pada pelajaran bahasa Indonesia dengan materi pokok menulis karangan narasi dikatakan berhasil. Penggunaan strategi pembelajaran Konstruktivis pada pelajaran Bahasa Indonesia materi pokok menulis karangan narasi membuat siswa menjadi lebih aktif, lebih semangat dan lebih kreatif belajar Bahasa Indonesia. Berdasarkan hal tersebut dapat dikatakan bahwa dengan menggunakan strategi pembelajaran Konstruktivis pada pelajaran Bahasa Indonesia materi pokok menulis karangan narasi dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa di kelas V SD Negeri 107400 Bandar Khalipah Tahun Ajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Ram m |
Keywords: | Kreativitas Siswa; Karangan Narasi; Bahasa Indonesia; Pembelajaran Konstruktivisme |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 07:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7135 |