Simbolon, Ira Maya Sari (2012) MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PERCAKAPAN PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SDN 106170 BIRU-BIRU T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313143 COVER.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
108313143 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
108313143 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
108313143 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
108313143 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
108313143 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
108313143 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
108313143 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
108313143 BAB I.pdf - Published Version
Download (393kB) | Preview
108313143 BAB V.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
108313143 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN 106170 Biru-biru, dengan menggunakan Metode Percakapan dengan sasaran utama untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara pada pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SDN 106170 Biru-biru. Masalah yang dihadapi dalam penelitian ini adalah masalah rendahnya keterampilan siswa dalam berbicara pada materi memperagakan teks percakapan di telepon di kelas IV SDN 106170 Biru-biru. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah dengan penggunaan Metode Percakapan dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada materi pokok memperagakan teks percakapan di telepon. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan Metode Percakapan. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka peneliti melakukan observasi dan tes. Adapun observasi yang dilakukan meliputi observasi guru dan siswa. Sedangkan tes dilaksanakan pada pre tes, siklus I dan II. Dari hasil observasi yang diperoleh dari 20 orang siswa pada tes awal (pre tes) hanya terdapat 5 siswa yang terampil berbicara dengan persentase 25%. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 57,75. Maka dilakukan siklus I untuk melihat peningkatan keterampilan berbicara siswa. Dari siklus I diperoleh hasil 13 siswa yang terampil berbicara dengan persentase 65% dan nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 71,7. Pada siklus I keterampilan berbicara siswa mengalami peningkatan sebesar 40% dibandingkan pada pre tes. Namun hasil tersebut belum mencapai target yang diharapkan oleh peneliti yaitu siswa yang terampil berbicara mencapai 80%. Selanjutnya peneliti melakukan siklus II agar hasil yang diperoleh siswa sesuai dengan yang diharapkan. Dari siklus II diperoleh hasil 18 siswa dinyatakan terampi berbicara dengan persentase 90% dan nilai rata-rata yang diperoleh siswa 83. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Metode Percakapan dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SDN 106170 Biru-biru. Dari hasil temuan peneliti di atas dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan yaitu dengan menggunakan Metode percakapan dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN 106170 BIru-Biru T.A 2011/2012 dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Sim m |
Keywords: | Keterampilan Berbicara; Metode Percakapan; Bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 06:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7130 |