Elita (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMOSTRASI DI KELAS IV SD NEGERI 064007 MEDAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108113024 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
108113024 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
108113024 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
108113024 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
108113024 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
108113024 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
108113024 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
108113024 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
108113024 BAB I.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
108113024 BAB V.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
108113024 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
108113024 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 064007 Medan, penelitian initermasuk jenis penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswakelas IV SD Negeri 064007 Medan Tahun Ajaran 2011/2012 yang berjumlah 25orang. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan metode demonstrasi dalammeningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan perubahan lingkungan dikelas IV SD Negeri 064007 Medan. Bertujuan untuk mengetahui ketuntasan siswadalam memahami materi perubahan lingkungan dan upaya meningkatkan hasilbelajar siswa adalah dengan menggunakan metode demonstrasi.Rumusan masalah penelitian adalah apakah dengan menggunakan metodedemonstrasi pada sub pokok bahasan perubahan lingkungan dapat meningkatkanhasil belajar sains siswa di kelas IV SD Neger i 064007 Medan. Penelitian inibertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses belajar mengajar.Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah menggunakan tesyaitu, tes awal, post tes I, post tes II dan observasi. Masing – masing tes terdiridari 10 butir soal. Post tes hasil belajar siklus I diber ikan setelah dilakukantindakan I dan post tes hasil belajar siklus II diberikan setelah dilakukan tindakanII. Upaya yang dilakukan untuk memahami materi perubahan lingkungan, penelitimember ikan pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi.Dari pemberian tindakan dengan pembelajaran menggunakan metodedemonstrasi pada tes awal, pada siklus I, siklus II diperoleh tingkat ketuntasanbelajar siswa. pada tes awal nilai rata – rata siswa 49,2 dimana dari 25 orangsiswa ditemukan 8 orang siswa yang tuntas (32%) dan 17 orang siswa yang tidaktuntas (68%), setelah dilakukan tindakan siklus I serta diberikan post tes I nilairata – rata siswa meningkat menjadi 61,2 dimana dari 25 orang siswa ditemukan10 orang siswa yang tuntas (40%) dan 15 orang siswa yang tidak tuntas (60%).Pada waktu post tes II nilai rata – rata siswa meningkat menjadi 76,4 dimana dari25 orang siswa ditemukan 23 orang siswa yang tuntas (92%) dan 2 orang siswayang tidak tuntas (8%). Kesulitan belajar siswa masih ada namun tidak sepertipada siklus I. tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 92% yangartinya sudah mencapai tingkat ketuntasan belajar yang diharapkan maka tidakperlu lagi dilanjutkan siklus berikutnya.Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa hipotesis yangdiajukan yaitu hasil belajar siswa akan meningkat jika diterapkan metodedemonstrasi pada pembelajaran sains sub pokok bahasan perubahan lingkungan dikelas IV SD Negeri 064007 Medan Tahun Ajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Eli u |
Keywords: | Hasil Belajar Siswa; Sains; Metode Demonstrasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 03:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7124 |