Sitanggang, Rebeka (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) DI KELAS IV SD NEGERI 101732 KAMPUNG LALANG TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
1104311055 COVER.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
1104311055 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
1104311055 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
1104311055 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
1104311055 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
1104311055 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
1104311055 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
1104311055 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
1104311055 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
1104311055 BAB I.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
1104311055 BAB V.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
1104311055 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
1104311055 DAFATAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah setelah menggunakan model pembelajaran TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi Pokok Unsur-Unsur Peta di kelas IV SD Negeri 101732 Kampung Lalang Tahun Ajaran 2012l/2013? Penelitian ini bertujuan unutk meningkatkan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pemebelajaran TGT pada mata pelajaran IPS materi pokok Unsur-Unsur Peta di kelas IV SD Negeri 101732 Kampung Lalang. Penelitian ini menggunakan desain PTK dengan tindakan menggunakan pendekatan partisipatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Untuk mengetahui perubahan hasil belajar siswa dengan menggunakan tes hasil belajar sedangkan untuk mengetahui aktivitas mengajar guru digunakan observasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan persentase dan analisis kualitatif. Prosedur tindakan kelas ini diitempuh dalam 2 siklus. Langkah-langkah setiap pembelajaran terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Cara pengambilan data dalam penelitian ini dengan menggumpulkan nilai pretes, siklus I, siklus II. Sebagai tolak ukur keberhasilannya adalah apabila hasil belajar siswa meningkat, yaitu tingkat ketuntasan klasikal sebesar > 65. Berdasarkan hasil penelitian dari 30 siswa pada saat pretes tingkat ketuntasan kalsikal siswa kelas IV sebanyak 5 orang siswa (16,67%) sedangkan sebanyak 25 orang siswa (83,33%)belum mendapat nilai tuntas dengan nilai rata-rata 51. Pada siklus I sebanyak 16 orang siswa (53,33%) mendapat nilai tuntas dan sebanyak 14 orang siswa (46,67%) belum mendapat nilai tuntas dengan nilai rata-rata 62,33. Pada siklus II sebanyak 28 orang siswa (93,33%) yang mendapat nilai tuntas sedangkan sebanyak 2 orang siswa (6,67%) belum mendapat nilai tuntas dengan nilai rata-rata 87. Hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I ditemukan nilai rata-rata 2,75 sedangkan pada siklus II ditemukan nilai rata-rata 3,68.Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi pokok Unsur-Unsur Peta di kelas IV SD Negeri 101732 Kampung Lalang Tahun Ajaran 2012/2013. Oleh karenanya salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS khususnya materi pokok Unsur-Unsur Peta dapat menggunakan model pembelajaran TGT.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Sit m |
Keywords: | Hasil Belajar Siswa; IPS; Pembelajaran Team Games Tournament |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 03:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7122 |