Nisa, Khairatun (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE MAKE A MATCH PADA MATERI MENGUBAH PECAHAN BIASA KE DESIMAL DAN SEBALIKNYA KELAS V SD NEGERI 020267 BINJAI TA. 2011-2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108113037 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
108113037 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (409kB) | Preview
108113037 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
108113037 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
108113037 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
108113037 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
108113037 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
108113037 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
108113037 BAB I.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
108113037 BAB V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
108113037 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
108113037 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 020267 Binjai, yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Make a Match pada materi mengubah pecahan biasa ke desimal dan sebaliknya di kelas V SD. Adapun masalah yang timbul pada saat peneliti melakukan penelitian yaitu rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika khususnya pada materi mengubah pecahan biasa ke desimal dan sebaliknya di kelas V SD. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 50 orang Tahun Ajaran 2011-2012. Penentuan kelas ini diambil berdasarkan hasil pemantauan terhadap kelas yang akan diteliti dan peneliti melihat rendahnya hasil belajar matematika siswa khususnya pada materi mengubah pecahan biasa ke desimal dan sebaliknya, serta guru kurang bervariasi menggunakan metode dan kurangnya minat belajar siswa pada pelajaran matematika. Pelaksanaan PTK dilakukan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes, tes yang diberikan sebanyak 10 soal berbentuk test uraian. Soal yang diberikan 3 kali yaitu pre test, siklus I dan siklus II. Sedangkan observasi meliputi aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran.Hasil penelitian dengan menggunakan metode Make a Match ini menunjukkan pada saat pre tes sebelum dilakukan tindakan diperoleh dari 50 orang siswa 5 siswa (10%) yang memenuhi ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata kelas sebesar 45,36 dan 45 siswa (90%) tidak memenuhi ketuntasan belajar, selanjutnya pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 67,20, dengan tingkat belajar siswa dari 50 orang siswa sebesar 64% atau sebanyak 32 siswa yang memenuhi ketuntasan belajar dan 18 siswa (36%) tidak memenuhi ketuntasan belajar. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 86,80 dengan tingkat belajar siswa dari 50 orang siswa sebanyak 43 siswa yang memenuhi ketuntasan belajar dan 7 siswa (14%) tidak tuntas. Jadi dapat dikatakan pada siklus II ketuntasan belajar meningkat sebesar 86%.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi mengubah pecahan biasa ke desimal dan sebaliknya di kelas V SD Negeri 020267 Binjai Tahun Ajaran 2011-2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Nis u |
Keywords: | Hasil Belajar Siswa; Metode Make A Match; Pecahan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 03:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7120 |