Samosir, Octavince (2012) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE LEARNING DI KELAS IV SD NEGERI 067252 MEDAN DELI T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108113051 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB)
108113051 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (169kB)
108113051 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
108113051 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
108113051 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (202kB)
108113051 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (45kB)
108113051 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (123kB)
108113051 BAB I.pdf - Published Version
Download (538kB) | Preview
108113051 BAB V.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
108113051 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
108113051 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (127kB)
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa padamata pelajaran IPS dikelas IV SD Negeri 067252 medan Deli. Penelitian ini bertujuan untukmeningkatkan motivasi belajar siswa dalam pelajaran IPS pokok bahasan sumber daya alam dankegiatan ekonomi dengan menggunakan metode make a match.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 067252 Medan Deli denganjumlah siswa 30 orang. Penelitian ini dilakukan untuk pelajaran IPS pokok bahasan sumber dayaalam dan kegiatan ekonomi. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembarobservasi dan angket.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode cooperative learning tipe make amatch dapat meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran IPS materi sumber daya alamdan kegiatan ekonomi di kelas IV SD Negeri 067252 Medan Deli Tahun Ajaran 2011/2012.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Dalamsetiap siklus dilakukan melalui 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Instrumen yang yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembaran observasi motivasi siswadengan indikator : tekun, ulet, minat, mandiri, percaya diri, dan kreatif.Hasil penelitian dari jumlah siswa sebanyak 30 orang siswa menunjukan bahwa, sebelummetode cooperative learning tipe make a match dilaksanakan dalam pembelajaran penelitimelakukan observai pada kondisi awal dan diperoleh persentase siswa yaitu 4 orang (13,3%)siswa memiliki motivasi tinggi dan 5 orang siswa (16,6%) yang memiliki motivasi sedang, dan21 orang (70%) yang memiliki motivasi kurang. Dari hasil tersebut peneliti menyimpulkanmotivasi belajar siswa sangat rendah. Berdasarkan observasi yang dilakukan di kondisi awal,maka upaya yang dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa adalah denganmenggunakan metode cooperative learning tipe make a match. Setelah dilakukan siklus I, gurumelakukan observasi melalui soal latihan. Melalui lembaran observasi yang dilakukan makadiperoleh 15 orang siswa (50%) yang memiliki motivasi tinggi, dan 11 siswa (36,6%) yangmemiliki motivasi rendah. Berdasarkan observasi siklus I yang dilakukan untuk meningkatkanmotivasi belajar siswa dengan menggonakan metode cooperative learning tipe make a match,dan setelah dilakukan refleksi pada siklus I menunjukan peningkatan motivasi belajar siswasesuai dengan yang diharapkan, yaitu dari hasil observasi siklus II diperoleh 27 orang siswa(90%) yang memiliki motivasi tinggi, dan 3 siswa (12,5%) yang memiliki motivasi sedang, dantidak ada siswa yang memiliki motivasi yang rendah.Dari hasil yang diperoleh dari 30 orang siswa dapat dilihat bahwa setelah dilakukannyatindakan pada setiap siklus terjadi peningkatan nilai. Ini dapat disimpulkan bahwa denganmenggunakan metode cooperative learning tipe make a match dapat meningkatkan motivasibelajar siswa pada pelajaran IPS pokok bahasan sumber daya alam dan kegiatan ekonomi dikelas IV SD Negeri 067252 Medan Deli.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Sam m |
Keywords: | Motivasi Belajar; IPS; Metode Cooperative Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 02:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7113 |