Meliana S., Rani (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PKN SISWA DI KELAS IV SD NEGERI 101732 KAMPUNG LALANG. Undergraduate thesis, UNIMED.
1104311053 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
1104311053 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (524kB) | Preview
1104311053 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
1104311053 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
1104311053 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
1104311053 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
1104311053 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
1104311053 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
1104311053 BAB I.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
1104311053 BAB V.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
1104311053 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn dalam materi globalisasi pada masyarakat sub pokok bahasan arti globalisasi dan dampak globalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 101732 Kampung Lalang yang berjumlah 30 orang siswa dengan jumlah laki-laki 17 orang siswa dan 13 orang siswa perempuan. Penelitian ini terdiri dari II siklus, siklus I dan siklus II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti melakukan observasi yang bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PKn. Berdasarkan analisis hasil observasi pada saat pratindakan tingkat motivasi belajar siswa dapat dijelaskan bahwa dari 30 orang siswa pada kondisi awal terdapat siswa sangat rendah, rendah, tinggi, dan sangat tinggi.Pada kondisi awal diproleh data bahwa 13 siswa ( 43% ) motivasi belajarnya yang tergolong sangat rendah, 15 siswa (50 %) motivasi belajarnya yang tergolong rendah, dan 2 siswa ( 6,67 % )motivasi belajarnya yang tergolong tinggi. Pada siklus I terdapat siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah, dan tinggi. Pada siklus I diproleh data bahwa 8 siswa ( 27 % ) motivasi belajarnya yang tergolong rendah, 22 siswa ( 73 % ) motivasi belajarnya yang tergolong. Pada siklus II terdapat siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah, tinggi, dan sangat tinggi. Pada siklus II diproleh data bahwa 2 siswa ( 6% ) motivasi belajarnya yang tergolong rendah, 20 siswa ( 67 % ) motivasi belajarnya yang tergolong tinggi dan 8 siswa ( 27 % ) motivasi belajarnya yang tergolong sanaga tinggi. Terdapat peningkatan motivasi belajar siswa dari kondisi awal ke siklus I, dan siklus I ke siklus II dan data diperoleh dari obsevasi untuk siswa. Dan dari siklus I ke siklus II pada tabel 2 dan tabel 3 tentang hasil observasi belajar siswa terdapat peningkatan motivasi belajar siswa, dimana jumlah siswa yang mengalami perubahan yaitu 23 orang dari 30 siswa ( 76,6 % ).Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered head Together dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran PKn khususnya pada materi globalisasi. Oleh karena itu disarankan agar guru mempersiapkan alat dan bahan serta menerapakan Numbered Head Together pada pelajaran PKn agar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi globalisasi pada masyarakat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Mel p |
Keywords: | Motivasi Belajar; PKn; Pembelajaran Numbered Head Together |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 26 Jul 2016 08:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7112 |