Tanjung, Tonang (2012) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MACTH PADA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 101777 SAENTIS KEC. PERCUT SEI TUAN T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313376 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
108313376 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (696kB) | Preview
108313376 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
108313376 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
108313376 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
108313376 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
108313376 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
108313376 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
108313376 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
108313376 BAB I.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
108313376 BAB V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
108313376 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Macth. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi Sumber Daya Alam di kelas IV SD Negeri 101777 Saentis. Adapun yang terjadi masalah dalam penelitian ini adalah a) pada saat proses pembelajaran berlansung, metode yang digunakan guru terlalu monoton, b) motivasi siswa dalam pelajaran IPA (Sains) masih rendah, c) pada proses pembelajaran siswa masih sering berpindah-pindah tempat sehingga suasana menjadi ribut, d) dalam menjelaskan mpelajaran guru masih terdian diri didepan kelas, e) kebanyakan siswa bermain-main di dalam kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 101777 Saentis tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 24 siswa. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajara kooperatif tipe Make A Macth pada materi pokok Sumber Daya Alam di kelas IV SD Negeri 101777 Saentis. Desain dalam penelitian tindakan kelas (Classrom Action Researach) ini adalah model Kemmis dan MC Taggart dengan 2 siklus mempunyai 4 tahap yaitu ; 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan, 4) Refleksi. Masing – masing siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Alat yang digunakan dalam pengumpulan adalah observasi. Observasi meliputi aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian tindakan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Macth pada kondisi awal terdapat 19 siswa (67,81%) yang memiliki motivasi belajar rendah, 7 siswa (25%) memiliki motivasi belajar sedang dan 2 siswa (7,1%) yang memiliki motivasi tinggi. pada siklus II terdapat 0 orang siswa (0%) yang memiliki kriteria rendah, 4 orang atau sekitar (14,2%) dan 24 orang siswa atau sekitar (83,2) yang memilki motivasi belajar tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran kooperatif Make A Macth, siswa termotivasi karena siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Dengan demikian pembelajarn IPA dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Macth dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi pokok Sumber Daya Alam kelas IV SD Negeri 101777 Saentis Kecamaan Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2011/2012
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Tan u |
Keywords: | Motivasi Belajar; Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match; IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 08:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7110 |