Rosuma (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 101779 PERCUT T.A 2011-2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313308 COVER.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
108313308 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (956kB) | Preview
108313308 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
108313308 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
108313308 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
108313308 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
108313308 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
108313308 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
108313308 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
108313308 BAB I.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
108313308 BAB V.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
108313308 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
108313308 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Energi Panas di Kelas IV SDN 101779 Percut”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 101779 Percut. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 101779 Percut. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 30 orang. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar berbentuk objektif.Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil belajar siswa pada test awal (Pretes) 8 orang (27,59%) yang tuntas dan 22 orang lagi dinyatakan tidak tuntas Sedangkan data postes siklus I setelah diadakan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD nilai siswa yang tuntas meningkat sebesar 14 orang (48,28%) dinyatakan tuntas dan 16 orang lagi dinyatakan tidak tuntas dengan KKM 70. Berarti ada peningkatan hasil belajar siswa dari pretes ke postes siklus I. Walaupun demikian keberhasilan proses belajar mengajar pada siklus I belum dikatakan berhasil sebab masih diperoleh data siswa yang belum mencapai ketuntasan minimal yaitu sebanyak 16 orang. Oleh karena itu data hasil belajar siswa pada siklus I digunakan sebagai acuan untuk melakukan tindakan lebih lanjut ke siklus II.Berdasarkan analisis data diperoleh dari jumlah siswa 30 orang diperolehan hasil belajar siswa yang tuntas 26 orang dan yang belum tuntas 4 orang disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD pada pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN 101779 Percut T.P. 2011/2012 dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Ros m |
Keywords: | Hasil Belajar Siswa; Pembelajaran Tipe Student Team Achievement Divisions; IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 08:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7107 |