Lumban Raja, Lista Herawati (2012) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE NON-DIRECTIVE PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 104209 SAENTIS TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313188 COVER.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
108313188 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (465kB) | Preview
108313188 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
108313188 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
108313188 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
108313188 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
108313188 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
108313188 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
108313188 BAB I.pdf - Published Version
Download (470kB) | Preview
108313188 BAB V.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
108313188 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
108313188 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Adapun masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan penggunaan metode Non-directive dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pokok Sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui di kelas V SD Negeri 104209 Saentis. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai Juni 2012. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 104209 Saentis yang berjumlah 30 orang.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan 2x pertemuan dan masing-masing pertemuan 35 menit. Jadi dalam 2 siklus ada 2x pertemuan dan 70 Menit. Untuk memperoleh data dilakukan observasi yang dibantu dengan alat pengumpul data seperti lembar observasi dan lembar angket yang bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa dalam mempelajari IPA khususnya pada materi Sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui.Hasil analisis yang dilakukan dari 30 orang siswa pada kondisi awal terdapat 28 (93,33%) orang siswa yang tergolong dalam kategori tidak termotivasi. sedangkan siswa yang tergolong dalam kategori termotivasi brejumlah 2 (6,675) sisawa. Pada pertemuan awal hingga akhir diperoleh hasil yang terus meningkat. Dari setiap siswa dapat diperoleh motivasi belajar siswa pada siklus I menunjukkan bahwa skor motivasi yang tergolong tinggi sebanyak 13 (43,33%) orang siswa dengan skor (71,25% - 90,00%) sedangkanyang tidak termotivasi sebanyak 17 (56,67%) orang siswa dengan skor (60,00% - 68,75%). Sedangkan pada akhir siklus II menunjukkan skor motivasi yang tergolong tinggi sebanyak 26 (86,67%) orang siswa dengan skor (82,50% - 97,50%) sedangkan siswa yang tidak termotivasi terdapat sebanyak 4 (13,33%) orang siswa dengan skor (63,75% - 68,75%). Maka dapat diketahui bahwa motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dibandingkan siklus I. Dan terdapat peningkatan 13 (43,33%)orang siswa yang mengalami perubahan motivasi belajar dari siklus I ke siklus II.Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Non-directive pada mata pelajaran IPA materi Sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 104209 Saentis Tahun Ajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Lum m |
Keywords: | motivasi belajar; metode non-directive; IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 08:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7101 |