Padang, Maria Novalia Br. (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN METODE INDEX CARD MATCH PADA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 020269 BINJAI TIMUR T.A.2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313197 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (513kB) | Preview
108313197 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
108313197 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
108313197 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
108313197 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
108313197 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
108313197 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
108313197 BAB I.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
108313197 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
108313197 BAB V.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
108313197 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
108313197 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan metode index card match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi energi panas dalam pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi energi panas melalui metode index card match di kelas IV SD Negeri 020269 Binjai Timur.Metode yang diterapkan adfalah metode index card match. Metode index card match atau mencari pasangan kartu merupakan satu alternative yang dapat diterapkan kepada siswa. Penerapan metode ini dimulai dari teknik yaitu siswa disuruh mencari pasangan kartu yang merupakan jawaban/soal sebelum batas waktunya, siswa yang dapat mencocokkan kartunya diberi poinJenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) classroom action research yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA dengan materi pokok energi panas. Lokasi penelitian dilaksanakan di SD Negeri 020269 Binjai Timur Jl. Suratin No. 8 pada tahun 2012 semester genap. Penelitian ini diharapkan selesai dalam waktu 2 bulan. Mulai tanggal 12 April, Mei, sampai 12 Juni 2012.Subjek penelitian dalam PTK ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 020269 Binjai Timur yang berjumlah 26 orang siswa terdiri dari laki-laki berjumlah 13 orang dan perempuan berjumlah 13 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah penilaian tes dan penilaian ketuntasan belajar. Pelaksanaan PTK dilakukan dengan dua siklus. Dengan menggunaklan mopdel Kemmis dan MC Taggart yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian ini diperoleh rata-rata nilai pretes 46,54 dengan ketuntasan belajar 11,54% atau hanya 3 orang siswas yang tuntas belajar. Rata-rata nilai siswa pada postes di siklus I sebesar 68,85 dengan ketuntasan belajar 46, 15% atau hanya 12 orang yangf tuntas belajar, sedangkan pada siklus II rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 86,92 denganketuntasan belajar 88,46%.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode index card match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi energi panas dikelas IV SD Negeri 020269 Binjai Timur T. A 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Pad m |
Keywords: | metode index card match; IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 02:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7100 |