Simanjuntak, Mariati (2012) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 173235 SARULLA DESA PARSAORAN NAINGGOLAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
071211920054 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
071211920054 COVER.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
071211920054 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
071211920054 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
071211920054 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
071211920054 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
071211920054 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
071211920054 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
071211920054 BAB I.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
071211920054 BAB V.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
071211920054 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini ialah: 1) Rendahnya motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 173235 Sarulla pada pelajaran IPS, 2) Kurangnya penggunaan media, 3) Metode yang digunakan guru masih bersifat monoton atau cenderung ceramah, 4) Sarana belajar yang kurang lengkap.Tujuan dalam .penelitian ini ialah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan media gambar pada mata pelajaran IPS pokok bahasan perjuangan para tokoh daerah untuk mengusir penjajah Belanda di kelas V SD Negeri 173235 Sarulla Tahun Ajaran 2011/2012. Subjek dalam penelitian in ialah siswa kelas V SD Negeri 173235 Sarulla yang berjumlah 30 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah tindakan sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar pada pelajaran IPS pokok bahasan perjuangan para tokoh daerah untuk mengusir penjajah Belanda. Penelitian ini adalah penilitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan/tindakan, pengamatan dan refleksi.Instrument penelitian menggunakan lembar observasi dan angket. Indikator dari lembar observasi ialah tekun dalam menghadapi tugas, ulet dalam menghadapi kesulitan, menunjukkan minat terhadap bermacam-macam masalah, lebih senang bekerja sendiri, cepat bosan pada tugas-tugas rutin, dapat mempertahankan pendapatnya, tidak mudah melepaskan hal yang diyakini, senang mencari dan memecahkan soal-soal.Dari hasil persentase motivasi belajar siswa pada saat siklus I pertemuan I skor motivasi belajar siswa masih termasuk kriteria sangat kurang yaitu rata-rata 43,08 % atau 13 orang siswa. Pada siklus I pertemuan II skor motivasi belajar siswa juga masih termasuk kriteria kurang yaitu rata-rata mencapai 59,65% atau 18 orang siswa. Pada siklus II pertemuan III skor motivasi belajar siswa naik yaitu rata-rata menjadi 68,29% atau 20 orang siswa dan motivasi belajar ini termasuk criteria baik. Pada siklus II pertemuan IV skor motivasi belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu rata-rata menjadi 80,27% atau 24 siswa dan motivasi belajar ini adalah termasuk criteria motivasi belajar sangat baik. Artinya bahwa motivasi belajar siswa sudah meningkat dan mencapai tingkat yang diharapkan.Hasil penitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa pada pelajan IPS pokok bahasan perjuangan para tokoh daerah untuk mengusir penjajah Belanda sudah meningkat, siswa juga mengikuti pelajaran dengan penuh semangat dan juga menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Sim m |
Keywords: | motivasi belajar; IPS; media gambar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 02:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7098 |