Rosa, Elfira (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE MATHMAGIC DI KELAS V SDN 137957 TANJUNG BALAI T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313082 COVER.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
108313082 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (829kB) | Preview
108313082 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
108313082 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
108313082 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
108313082 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
108313082 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
108313082 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
108313082 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
108313082 BAB I.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
108313082 BAB V.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
108313082 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
108313082 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
Abstract
Masalah yang dihadapi dalam penelitian ini adalah masalah mengenai peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Mathmagic pada sub pokok bahasan Perkalian dengan bilangan 11 di kelas V SDN 137957 Tanjung Balai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Mathmagic pada sub pokok bahasan Perkalian dengan bilangan 11 di kelas V SDN 137957 Tanjung Balai T.A 2012/2013. Dalam belajar metode Mathmagic tidak diperlukan alat bantu apapun, kecuali alat tulis menulis, itupun jika diperlukan, dan strategi yang tepat.Hipotesis pada penelitian ini adalah “setelah penggunaan metode Mathmagic dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada sub pokok bahasan perkalian dengan bilangan 11 di kelas V SDN 137957 Tanjung Balai T.A 2012/2013.Penelitian ini dilakukan di SDN 137957 Tanjung Balai, dengan jenis penelitian yaitu “Penelitian Tindakan Kelas”. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 32 siswa, objek dalam penelitian ini adalah metode Mathmagic, dan data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan tes.Berdasarkan tes awal (pre tes) yang dilakukan terhadap 32 siswa terdapat 25 orang siswa (78,12%) yang mendapatkan hasil belajar rendah dan hanya 7 orang siswa (21,87%) yang tuntas dan nilai rata-rata yang diperoleh 40,62. Kemudian pada siklus I terdapat 20 orang siswa (62,5%) yang termasuk pada kategori tuntas dan sebanyak 12 orang siswa (37,5%) termasuk dalam kategori rendah dan rata-rata nilai yang diperoleh 69,68. Pada siklus II terdapat 30 orang siswa (93,75%) yang tuntas, dan hanya 2 orang siswa (6,25%) yang belum tuntas dengan nilai rata-rata yang diperoleh 88,12.Dari hasil observasi yang dilakukan pada guru dan siswa diketahui pada siklus I proses pembelajaran yang berlangsung cukup baik. Dari 8 aspek yang diamati, siswa memiliki keriteria nilai cukup yaitu 71,88, sedangkan pada guru, dari 16 aspek yang diamati guru juga memiliki keriteria nilai yang cukup yaitu 68,75. Pada tindakan siklus II semua aspek yang diamati telah dilaksanakan dengan baik. Diketahui keriteria nilai yang dimiliki siswa yaitu 93,75, sedangkan kriteria yang dimiliki guru yaitu 84,38.Berdasarkan hasil penelitiaan mulai dari pre tes, pos tes siklus I dan pos tes siklus II secara empiris telah terbukti adanya peningkatan yang signifikan. Dengan demikian penerapan metode Mathmagic dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada sub pokok bahasan perkalian dengan bilangan 11 di kelas V SDN 137957 Tanjung Balai T.A 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Ros u |
Keywords: | metode mathmagic; perkalian |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 03:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7090 |