Pandia, Laila Kadrina S. (2012) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TARI BAMBU PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 060942 MEDAN DELI TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313169 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
108313169 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
108313169 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
108313169 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
108313169 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
108313169 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
108313169 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
108313169 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
108313169 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
108313169 BAB I.pdf - Published Version
Download (620kB) | Preview
108313169 BAB V.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
108313169 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
Abstract
Masalah yang dihadapi peneliti adalah masalah rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 060942 Medan Deli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 060942 Medan Deli Tahun Ajaran 2011/2012.Jenis penelitian ini adalah “Penelitian Tindakan Kelas”, dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pokok bahasan menyusun cerita di kelas V SD Negeri 060942 Medan Deli Tahun Ajaran 2011/2012.Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, siklus I dan siklus II masing – masing memiliki 2 pertemuan. Pada setiap pertemuan peneliti melakkukan observasi belajar terhadap siswa, untuk mengetahui tingkat minat belajar siswa.Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan penulis dengan guru kelas V SD Negeri 060942 Medan Deli yang dilakukan terhadap 30 orang siswa terdapat 24 orang siswa (80%) yang memiliki minat belajar yang kurang dan 6 orang siswa (20%) yang memiliki minat yang cukup. Kemudian pada siklus I memiliki nilai rata – rata 44 (55%), sedangkan pada siklus II yaitu sebesar 69 (87%).Berdasarkan hasil penelitian dari tes siklus I dengan siklus II terjadi peningkatan yang signifikan, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan menyusun cerita di kelas V SD Negeri 060942 Medan Deli Tahun Ajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Pan m |
Keywords: | minat belajar; kooperatif tipe tari bambu; bahasa indonesia |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 03:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7084 |