Harahap, Irma Suryani (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA VOLUME KUBUS DAN BALOK DI KELAS V SISWA SD NEGERI 101942 BENGKEL KAB. SERDANG BEDAGAI KEC. PERBAUNGAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
109811062 COVER.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
109811062 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
109811062 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
109811062 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
109811062 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
109811062 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
109811062 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
109811062 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
109811062 BAB I.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
109811062 BAB V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
109811062 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahya hasil belajar Matematika Siswa. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan : 1) Rendahnya motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran matematika. 2) siswa menganggap mata pelajaran matematika sebagai pelajaran yang sulit.3) bentuk pelajaran hanya berpusat pada guru. 4) pemilihan strategi dan metode mengajar yang gunakan guru kurang tepat. 5) guru jarang menggunakan media pembelajaran.Penelitian ini bertujuan “Untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan metode demonstrasi pada volume kubus dan balok di Kelas V di SD Negeri 101942 Bengkel Tahun Ajaran 2011/2012”. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur tindakan kelas ini ditempuh dalam 2 siklus. Langkah-langkah setiap pembelajaran terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Cara pengumpulan data menggunakan tes dan observasi yang dilakukan pada saat pretes, Siklus I, Siklus II. Sebagai tolak ukur keberhasilannya adalah apabila hasil belajar siswa meningkat, yaitu tingkat ketuntasan klasikal sebesar > 75. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 40 orang siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa pada saat pretes dari 40 orang Pada awal tes hasil belajar siswa tergolong rendah dari 40 orang siswa terdapat sebanyak 6 orang siswa 15% mendapat nilai tuntas dengan nilai rata-rata 56,94, setelah dilakukan proses belajar menggajar dengan metode demonstrasi hasil belajar siswa mengalami peningkat sebesar 50% dengan rata-rata nilai 73,06 dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi sebanyak 37 orang siswa 92,5% dengan rata-rata nilai 94,17. Dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pelajaran volume kubus dan balok di Kelas V SD Negeri Negeri 101942 Bengkel. Oleh karenanya disarankan pada guru yang menerapkan metode pembelajaran demostrasi agar memperhatikan langkah-langkah metode pembelajaran yang digunakan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika khususnya materi pokok kubus dan balok.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Har m |
Keywords: | Hasil Belajar; Matematika; Metode Demonstrasi; Volume Kubus dan Balok |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 02:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7081 |