Manurung, Rumata Dwinata (2012) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE LISTENING TEAM PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI NO.102125 DOLOK MERAWAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
1104311065 COVER.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
1104311065 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
1104311065 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
1104311065 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
1104311065 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
1104311065 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
1104311065 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
1104311065 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
1104311065 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
1104311065 BAB I.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
1104311065 BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
1104311065 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
1104311065 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya minat mempelajari mata pelajaran IPS siswa Kelas IV SD Negeri No. 102125 Dolok Merawan Tahun Ajaran 2011/2012, salah satu factor penyebabnya guru dominan menggunakan metode ceramah. Sehubungan dengan itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan minat belajar siswa setelah dilakukan pembelajaran menggunakan Metode Listening Team Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas IV SD Negeri No. 102125 Dolok Merawan Tahun Ajaran 2011/2012.Penggunaan metode pembelajaran Listening Team menitikberatkan pada keaktifan dan kemampuan siswa untuk mencari dan menjawab permasalahan secara bersama sehingga hasil belajar dirasakan manfaatnya bersama. Melalui metode pembelajaran seperti ini siswa terlibat langsung sebagai subjek belajar dan siswa semakin berminat belajar.Penelitian ini dilakukan terhadap 32 siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan adalah angket.Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus pembelajaran. Pada pembelajaran awal minat belajar IPS materi Pentingnya Koperasi Bagi Kesejahteraan Masyarakat siswa kelas IV SD Negeri No. 102125 Dolok Merawan Tahun Pelajaran 2011/2012 adalah kurang dengan nilai rata-rata 59,91 (kurang berminat belajar) dan hanya 6 siswa (18,75%) yang berminat belajar. Selanjutnya setelah dilakukan pembelajaran menggunakan metode Listening Team, minat belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata 64,47 atau meningkat 7,61% dan sebanyak 13 siswa (40,63%) memiliki minat belajar yang tinggi. Selanjutnya pada siklus II terjadi peningkatan minat belajar dengan nilai rata-rata 80,44 peningkatan 24,76% dan sebanyak 31 siswa (96,88%) memiliki minat belajar yang tinggi.Hasil penelitian menujnjukkan bahwa penerapan metode listening team dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi Pentingnya Koperasi Bagi Kesejahteraan Masyarakat sebesar 34,25%. Sehubungan dengan itu, perlunya guru menerapkan pembelajaran IPS materi Pentingnya Koperasi Bagi Kesejahteraan Masyarakat dengan menggunakan metode Listening Team, sebab penggunaan metode Listening Team terbukti secara meyakinkan dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pokok bahasan tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Man m |
Keywords: | Minat Belajar; Metode Listening Team; IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 02:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7072 |