Zannah, Nazlia Fathul (2012) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BRAINSTORMING KELAS IV SD PERGURUAN ISLAM TELADAN MEDAN TP. 2011-2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313221 COVER.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
108313221 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (524kB) | Preview
108313221 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
108313221 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
108313221 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
108313221 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
108313221 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
108313221 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
108313221 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
108313221 BAB I.pdf - Published Version
Download (545kB) | Preview
108313221 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
108313221 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
108313221 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah“ Apakah dengan menggunakan metode Brainstorming dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPA kelas IV SD Perguruan Islam Teladan Medan TP.2011-2012?”Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Perguruan Islam Teladan Medan TP.2011-2012 yang berlokasi di jalan Raya Medan Tenggara (Menteng), yang berjumlah 25 orang siswa. Penentuan subjek bersal dari angket dan observasi yang dilakukan peneliti terhadap siswa kelas IV SD Perguruan Islam Teladan Medan.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, dimana setiap siklus dilakukan 2X pertemuan yang masing-masing pertemuan 35 menit. Jadi dalam dua siklus ada 4X pertemuan dan 140 menit. Dalam setiap siklus dilakukan melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Istrumen yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu berdasarkan hasil angket dan hasil observasi yang diberikan pada setiap siklus.Berdasarkan skor yang diperoleh siswa melalui alat pengumpulan data berupa angket antara lain 1. Pada kondisi awal sebelum di gunakan metode brainstorming hanya ada 2 orang siswa yang termotivasi dan masuk ke kategori sedang. 2.Pada sisklus I ada 18 orang siswa (72%) motivasi belajarnya tergolong rendah, ada 5 orang siswa (20%) yang motivasi belajarnya tergolong sedang, dan hanya 2 orang siswa (8%) motivasi belajarnya tergolong tinggi. 3. Pada siklus II ada 2 orang siswa (4%) motivasi belajarnya tergolong rendah, ada 11 orang siswa (44%) motivasi belajarnya tergolong sedang dan ada12 orang siswa (48%) motivasi belajarnya tergolong tinggi. Maka dapat diketahui bahwa motivasi belajar siswa terdapat peningkatan dibandingkandarisiklus I dengan tingkat presentase tinggi sebesar (48%)Dari hasil yang diperoleh dari 25 orang siswa dapat dilihat bahwa setelah dilakukannya tindakan pada setiap siklus terjadi peningkatan nilai. Ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Brainstorming dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPA pokok bahasan “Kenampakan Permukaan Bumi” di kelas IV SD Perguruan Islam Teladan Medan TP. 2011-2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Zan m |
Keywords: | Motivasi Belajar; IPA; Metode Brainstorming |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 04:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7063 |