Yura, Syaufa (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TWO STAY TWO STRAY PADA SISWA KELAS V SD WASHLIYANI MARTUBUNG TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108113065 COVER.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
108113065 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
108113065 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
108113065 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
108113065 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
108113065 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
108113065 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
108113065 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
108113065 BAB I.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
108113065 BAB V.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
108113065 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
108113065 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
Abstract
Metode Two Stay Two Stray (TSTS) aadalah cara mengajar yang dilakukan oleh guru dengan cara member kesempatan kepada kelompok untuk membagikan hasil dan informasi dengan kelompok lain. Penelitan ini dilaksanakan di SD WAshliyani Martubung, jenis penelitian ini adalah penelitia tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pokok air dan kegunaanya dengan menggunakan metode Two Stay Two Stray di kelas V SD. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 32 orang Tahun Ajaran 2011/2012. Penentuan kelas ini diambil berdasarkan observasi terhadap kelas yang akan diteliti dan peneliti melihat rendahnya hasil belajar IPA siswa khususnya pada materi pokok air dan kegunaanya, serta guru kurang bervariasi menggunakan metode dan kurangnya minat belajar siswa pada pelajaran IPA. Pelaksanaan PTK dilakukan dua siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi dan tes, tes yang diberikan sebanyak 5 soal pra siklus dan 10 soal untuk siklus I dan siklus II berbentuk test uraian. Soal yang diberikan 3 kali yaitu pre test, Siklus I dan siklus II. Sedangkan observasi meliputi aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Two Stay Two Stray untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok air dan kegunaannya. Hasil penelitian menunjukkan pada saat pre tes sebelum dilakukan tindakan diperoleh dari 32 orang siswa 3 siswa (9,37%) yang memenuhi ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata kelas sebesar 41,1 dan 29 siswa (90,62%) tidak memenuhi ketuntasan belajar, selanjutnya pada siklus I diperoleh nilai rat-rata kelas menjadi meningkat menjadi 63,3, dengan tingkat belajar siswa dari 32 orang siswa sebesar 59,37% atau sebanyak 19 siswa yang memenuhi ketuntasan belajar dan 13 siswa (40,62%) tidak memenuhi ketuntasan belajar. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 80,4 dengan tingkat belajar siswa dari 32 orang siswa sebanyak 29 siswa yang memenuhi ketuntasan belajar dan 3 siswa (9,37%) tidak tuntas. jadi dapat dikatakan pada siklus II ketuntasan belajar meningkat sebesar 90,62%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil beljar siswa pada peljaran IPA khususnya materi pokok air dan kegunaannya di kelas V SD Washliyani Martubung Tahun Ajaran 2011/2012
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Yur m |
Keywords: | IPA; metode stay two stray |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 03:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7057 |