Pakpahan, Emilia (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES DI KELAS IV SD NEGERI NO.101775 SAMPALI TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313089 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
108313089 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (474kB) | Preview
108313089 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
108313089 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
108313089 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
108313089 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
108313089 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
108313089 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
108313089 BAB I.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
108313089 BAB V.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
108313089 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
108313089 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini berjudul Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Model Examples Non Examples Di Kelas IV SD Negeri No.101775 Sampali Tahun Ajaran 2011/2012”. bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi pecahan dengan menggunakan model examples non examples. Adapun jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian siswa kelas IVB SD Negeri No.101775 Sampali Tahun Ajaran 2011/2012 yang berjumlah 21 orang. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah dengan menggunakan model examples non examples dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi pecahan di kelas IVB SD Negeri No.101775 Sampali Tahun Ajaran 2011/2012?. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes dan observasi. Analisis data dilakukan menggunakan analisis deskriptif. Kriteria ketuntasan belajar didasarkan pada ketuntasan secara perorangan dan secara klasikal dengan standar minimal 65 bagi perseorangan dan standar minimal 65% bagi klasikal. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Dari hasil analisa data pada pre tes diperoleh nilai rata-rata 41,33 dengan ketuntasan klasikal sebesar 28,57%, nilai pos test siklus I diperoleh nilai rata-rata 64,85 dengan ketuntasan klasikal sebesar 61,90% berarti terjadi peningkatan sebesar 33,33% dan nilai post test siklus II diperoleh nilai rata-rata 85,61 dengan ketuntasan klasikal sebesar 90,47% berarti terjadi peningkatan sebesar 28,57% dari hasil postest I.Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model examples non examples dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi pecahan. Sehingga dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pemecahan masalah rendahnya hasil belajar siswa khususnya materi pecahan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Pak m |
Keywords: | model examples; matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 03:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7054 |