Mariatik (2012) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS V MIS DARUL HIKMAH PERUMNAS SIMALINGKAR MEDAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
1104311038 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
1104311038 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
1104311038 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
1104311038 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
1104311038 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
1104311038 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
1104311038 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
1104311038 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
1104311038 BAB I.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
1104311038 BAB V.pdf - Published Version
Download (0B)
1104311038 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
1104311038 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa 30 orang yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Adapun jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan,observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah tes yang berupa soal uraian dan lembar observasi bagi guru dan siswa. Yang bertindak sebagai observer adalah guru kelas V MIS Darul Hikmah Perumnas Simalingkar Medan. Hasil penelitian diperoleh pada tes awal terdapat 7 orang siswa yang tuntas (ketuntasan klasikal 23,33%) dengan rata-rata nilai tes 51,83 katagori kemampuan pemecahan masalah sangat rendah. Setelah dilakukan siklus I dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah I jumlah siswa yang tuntas ada 21 orang (ketuntasan klasikal 70%) dengan rata-rata nilai tes 66,67 katagori kemampuan pemecahan masalah sedang. Pada siklus II dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika II terdapat 27 siswa yang telah memperoleh ketuntasan belajar (90%) dengan rata-rata nilai tes 77,67 katagori kemampuan pemecahan masalah sedang. Dengan demikian secara keseluruhan hasil belajar siswa telah mencapai ketuntasan di atas 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V MIS Darul Hikmah Perumnas Simalingkar Medan pada mata pelajaran matematika dengan materi pokok penjumlahan dan pengurangan pecahan Tahun Ajaran 2011/2012
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Mar p |
Keywords: | strategi pembelajaran; matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 02:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7052 |