Ginting, Hel Putri Yani Br. (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN SPPKB PADA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 064037 MEDAN T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313127 COVER.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
108313127 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (651kB) | Preview
108313127 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
108313127 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
108313127 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
108313127 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
108313127 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
108313127 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
108313127 BAB I.pdf - Published Version
Download (403kB) | Preview
108313127 BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
108313127 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
108313127 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPA materi pokok daur air dengan menggunakan SPPKB (Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berfikir) di kelas V SD Negeri 064037Medan. Penelitian ini dilakssanakan pada bulan Mei sampai Juni 2012. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD yang berjumlah 32 orang. Adapun masalah penelitian ini adalah apakah penggunaan SPPKB dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pokok daur air. Jenis yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dikelas V SD Negeri 064037 Medan yang berjumlah 32 orang siswa, 16 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan.Untuk memperoleh data dilakukan observasi yang dibantu dengan alat pengumpulan data seperti lembar observasi yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam mempelajari IPA khususnya pada materi daur air.Dari analisis yang dilakukan pada tes awal sebelum dilakukan tindakan kondisi hasil belajar siswa kelas V masih rendah, karena hasil penelitian menunjukkan pada tes awal nilai rata-rata yang didapat siswa 57,81. Dari tingkat ketuntasan belajar hanya terdapat 9 orang siswa yang tuntas dalam belajar atau sebesar 28,12%, sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 23 orang siswa atau sebesar 71,88 %. Pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa meningkat menjadi 60,9 dari 32 orang siswa. Dari tingkat ketuntasan belajar hanya terdapat 15 orang siswa yang tuntas dalam belajar atau sebanyak 48,8% sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 17 orang siswa atau sebesar 51,2%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus II kondisi hasil belajar siswa jauh lebih baik dengan nilai rata-rata 84,68 dari 32 orang siswa. Dari tingkat ketuntasan belajar terdapat 30 orang siswa yang tuntas dalam belajar atau sebesar 93,7 % sedangkan siswa yang tidak tuntas hanya 2 orang siswa atau sebesar 6,3 %. Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan SPPKB pada mata pelajaran IPA materi pokok daur air dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 064037 Medan T.A 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Gin m |
Keywords: | hasil belajar; SPPKB; IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 02:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7049 |