Ariyati, Rini (2012) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN INKUIRIKELAS V SD NEGERI 028290 BINJAI TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313290 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
108313290 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (611kB) | Preview
108313290 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
108313290 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
108313290 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
108313290 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
108313290 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
108313290 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
108313290 BAB I.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
108313290 BAB V.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
108313290 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
Abstract
Masalah yang dihadapi dalam penelitian ini adalah kurangnya motivasibelajar siswa dalam pelajaran Pkn. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkanmotivasi belajar siswa dengan menggunakan pendekatan belajar inkuiri.Jenis penelitian yang dilakukan yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Subjekdalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang ber jumlah 25 siswa, dan yangmenjadi objek penelitian ini yaitu motivasi yang akan ditingkatkan denganmenggunakan pendekatan inkuir i. Penelitian ini dilaksanakan di SD Neger i028290 Kec. Binjai Barat kota Binjai kelas V. Penelitian ini dilaksanakan selamatiga bulan yaitu pada bulan April, Mei dan Juni. Variabel dalam penelitian iniadalah motivasi belajar siswa dan pendekatan inkuir i. Prosedur penelitian inidilakukan dalam dua siklus mulai dar i perencanaan, tindakan, pemantauan danrefleksi. Dan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembarobservasi dan angket.Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada kondisi awal yangdilakukan terhadap 25 orang siswa memperoleh skor motivasi sebesar 49,8%,siklus I 77,2% dan pada siklus II dengan skor motivasi 90,2%. Berdasarkan hasilangket motivasi belajar siswa yang dilakukan pada kondisi awal memperoleh skor68,72%, siklus I 75% dan pada siklus II dengan skor 90,4%. Dan berdasarkanhasil lembar angket motivasi belajar siswa pada kondisi awal memperoleh skorsebesar 68, 72%, pada siklus I 77,52% dan pada siklus II 84,64%.Berdasarkan hasil penelitiaan melalui lembar observasi dan lembar angketmotivasi belajar siswa mulai dari kondisi awal, siklus I dan siklus II sudah terjadipeningkatan yang signifikan. Hasil observasi untuk guru juga untuk menerapkanpendekatan inkuiri juga baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa denganmenggunakan pendekatan belajar dapat meningkatkan motivasi belajar Pkn siswapada materi pokok organisasi di lingkungan sekolah di kelas V SD Negeri 028290Binjai T.A 2011/2012
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Ari u |
Keywords: | motivasi belajar; PKN; pendekatan inkuiri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 03:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7024 |