Hariyanti, Reny Dwi (2012) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF DALAM PENYAMPAIAN PESAN DI KELAS VI SD NEGERI 064983 GAPERTA T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313279 COVER.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
108313279 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
108313279 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
108313279 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
108313279 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
108313279 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
108313279 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
108313279 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
108313279 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
108313279 BAB I.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
108313279 BAB V.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
108313279 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
Abstract
Masalah yang dihadapi dalam penelitian ini adalah masalah rendahnya motivasi siswa dalam penyampaian pesan di kelas VI SD Negeri 064983 Gaperta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan pendekatan komunikatif dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam penyampaian pesan di kelas VI SD Negeri 064983 Gaperta. Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah “ Meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi penyampaian pesan akan meningkat pada siswa kelas VI SD Negeri 064983 Gaperta T.A 2012/2013.Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 064983 Gaperta, dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitan ini adalah siswa kelas VI yang berjumlah 35 siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pendekatan komunikatif. Dan alat yang digunakan utuk mengumpulkan data adalah tes yang berbentuk lisan dan angket. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan penulis dengan guru kelas VI di SD Negeri 064983 Gaperta yang dilakukan terhadap 35 siswa dimana terdapat hasil penelitian pada siklus I terdapat 34 orang siswa (97,1%) yang mendapat motivasi belajar rendah (belum termotivasi) dan sebanyak 1 orang siswa (2,8) yang mendapat motivasi belajar tinggi( sudah termotivasi) dan sebanyak 32 orang siswa (91,4%) yang mendapat motivasi be;ajar rendah (belum termotivasi) dan 3 orang siswa (8,5%) yang mendapat motivasi belajar tinggi (sudah termotivasi). Pada siklus II terdapat 24 orang siswa (68,5%) yang mendapat motivasi belajar rendah (belum termotivasi) dan 11 orang siswa (31,4 %) yang mendapat motivasi belajar tinggi (sudah termotivasi) dan sebanyak 2 orang (5,7%) yang mendapat motivasi belajar rendah (belum termotivasi) dan 33 orang siswa (94,2%) yang mendapat motivasi belajar meningkat (sudah termotivasi)Berdasarkan hasil penelitian dari tes siklus I dan siklus II terjadi peningkatan yang signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan pendekatan komunikatif dan dapat meningkatkan motivasi siswa dalam menyampaikan pesan pada mata pelajarn Bahasa Indonesia di kelas VI SD Negeri 064983 Gaperta T.A 2012/2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Har m |
Keywords: | motivasi belajar; pendekatan komunikatif; penyampaian pesan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 02:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7022 |