Rahayu, Ika (2012) MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBERIAN TUGAS PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD NEGERI 016514 DOLOK ESTATE, KECAMATAN LIMA PULUH, KABUPATEN BATU BARA TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313135 COVER.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
108313135 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (490kB) | Preview
108313135 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
108313135 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
108313135 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
108313135 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
108313135 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
108313135 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
108313135 BAB I.pdf - Published Version
Download (393kB) | Preview
108313135 BAB V.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
108313135 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
Abstract
Masalah yang dihadapi dalam penelitian ini adalah masalah rendahnya kreativitas siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis pantun di kelas IV SD Negeri 016514 Dolok Estate. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia materi Menulis Pantun dengan menggunakan metode pemberian tugas di kelas IV SDN 016514 Dolok Estate T.A 2011/2012. Dengan adanya kreativitas siswa dalam belajar sehingga tujuan dari pembelajaran dapat tercapai dengan optimal.Hipotesis pada penelitian ini adalah “setelah penggunaan metode pemberian tugas pada materi Menulis Pantun dapat meningkatkan Kreativitas siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 016514 Dolok Estate T.A 2011/2012.Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 016514 Dolok Estate, dengan jenis penelitian yaitu “Penelitian Tindakan Kelas”. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 26 siswa, objek dalam penelitian ini adalah metode pemberian tugas, dan data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan angket.Berdasarkan angket awal yang dilakukan terhadap 26 siswa terdapat 10 orang siswa (38,5%) yang mendapatkan hasil belajar rendah dan hanya 4 orang siswa (15,4%) yang memiliki nilai baik dan nilai rata-rata yang diperoleh 64,3%. Kemudian pada siklus I ada 6 orang siswa atau (23,1%) yang mendapat kriteria nilai baik dengan rata-rata nilai 65,2% . Pada siklus II meningkat menjadi 21 orang atau (80,8%) pada kriteria kreativitas baik dan rata-rata nilai yang diperoleh 86,5%. Pada angket pertemuan akhir terdapat 3 orang siswa (11,5%) yang mendapat hasil belajar rendah dan hanya 21 orang siswa (80,7%) yang mendapat hasil belajar baik dan nilai rata-rata yang diperoleh 80,5%. Berdasarkan hasil penelitiaan mulai dari siklus I dan siklus II secara empiris telah terbukti adanya peningkatan yang signifikan. Dengan demikian penggunaan metode pemberian tugas dapat meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 016514 Dolok Estate Kec. Lima Puluh Kab. Batu Bara.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Rah m |
Keywords: | kreativitas; metode pemberian tugas; bahasa indonesia |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 06:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7018 |