Surya, Swanni (2012) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN METODE KONVENSIONAL PADA MATERI POKOK SUMBER DAYA ALAM DAN PENGGUNAANNYA DI KELAS V SD MUHAMMADIYAH 18 MEDAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108113064 COVER.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
108113064 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (545kB) | Preview
108113064 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
108113064 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
108113064 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
108113064 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
108113064 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
108113064 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
108113064 BAB I.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
108113064 BAB V.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
108113064 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan metode konvensional pada materi pokok sumber daya alam dan penggunaannya di kelas V SD Muhammadiyah 18 Medan Tahun Ajaran 2011/2012.Metode penelitian ini merupakan penelitian eksperimental. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V semester II SD Muhammadiyah 18 Medan Tahun Ajaran 2011/2012 yang berjumlah 2 kelas, kelas experiment dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kelas kontrol menggunakan metode konvensional yang ditentukan dengan cara acak kelas. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda dengan jumlah soal 20 item yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda. Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas data. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen dan berdistribusi normal.Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah 6,95 dengan standar deviasi 1,298. Sedangkan nilai rata-rata kelas yang menggunakan metode konvensional adalah 5,66 dengan standar deviasi 1,151. Untuk menguji hipotesis digunakan uji t dengan kriteria pengujian : terima Ha jika thitung > ttabel, dimana ttabel diperoleh dari daftar distribusi t dengan taraf nyata α = 0,05. Derajat kebebasan untuk daftar distribusi t adalah dk = (31+31-2) = 60 dengan peluang (1-α). Dari peluang uji t diperoleh thitung = 4,13, sedangkan ttabel = 2,00. Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh ada perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan sebesar 1,29 atau perbandingannya sebesar 22,79 % dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan metode konvensional pada materi pokok sumber daya alam dan penggunaannya di kelas V SD Muhammadiyah 18 Medan Tahun Ajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Sur p |
Keywords: | Hasil Belajar; Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement and Division; Metode Konvensional; Sumber Daya Alam |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 26 Jul 2016 08:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7015 |