MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI VARIASI METODE KUMON PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD SWASTA GKPS MENTENG II MEDAN TAHUN AJARAN 2011/2012

Siburian, Elsa frida (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI VARIASI METODE KUMON PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD SWASTA GKPS MENTENG II MEDAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 108313086 COVER.pdf]
Preview
Text
108313086 COVER.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 108313086 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
108313086 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[thumbnail of 108313086 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
108313086 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 108313086 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
108313086 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 108313086 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
108313086 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 108313086 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
108313086 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 108313086 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
108313086 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 108313086 DAFTAR GRAFIK.pdf]
Preview
Text
108313086 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 108313086 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
108313086 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of 108313086 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
108313086 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 108313086 BAB I.pdf]
Preview
Text
108313086 BAB I.pdf - Published Version

Download (376kB) | Preview
[thumbnail of 108313086 BAB V.pdf]
Preview
Text
108313086 BAB V.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 108313086 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
108313086 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah penggunaan metode pembelajaran yang digunakan oleh pengajar masih berorientasi pada metode pembelajaran konvensional yang menempatkan diri peserta didik sebagai pendengar saja sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa rendah.Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui variasi Metode Kumon pada mata pelajaran Matematika materi penjumlahan dan pengurangan pecahan di kelas IV SD Swasta GKPS Menteng II Medan.Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang terdiri dari dua siklus. Subjek dalam peneltian ini adalah siswa kelas IV SD Swasta GKPS Menteng II Medan yang berjumlah 22 orang. Objek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Swasta GKPS Menteng II Medan pada mata pelajaran Matematika materi penjumlahan pecahan dan pengurangan pecahan melalui variasi Metode Kumon.Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes dan observasi. Tes yang diberikan berbentuk pilihan berganda yang dilakukan sebanyak 3 kali. Masing-masing terdiri dari 10 butir soal. Analisis data dengan menggunakan rumus persentase ketuntasan belajar siswa. Secara Individual siswa dikatakan tuntas jika telah memenuhi standar nilai KKM yang telah ditentukan sekolah untuk mata pelajaran Matematika yaitu ≥ 65 dan secara klasikal dikatakan tuntas jika ≥ 70% siswa yang tuntas belajar.Hasil penelitian dengan menggunakan variasi metode Kumon pada mata pelajaran Matematika di kelas IV SD Swasta GKPS Menteng II Medan menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Dari hasil pre test diperoleh ketuntasan belajar 31,81% dengan nilai rata-rata kelas 46,36. Setelah dilaksanakan Siklus I diperoleh ketuntasan belajar sebesar 59,09% dengan nilai rata-rata kelas 72,72 serta kompetensi guru dalam mengajar sebesar 71,66% (cukup kompeten). Pada Siklus II Ketuntasan belajar meningkat menjadi 81,81% dengan nilai rata-rata kelas 85,45 serta kompetensi guru dalam mengajar sebesar 81,66% (kompeten). Peningkatan hasil belajar dari kedaan awal (pre tes) ke siklus I sebesar 27,28% dan dari siklus I ke siklus II sebesar 22,77%.Dari tindakan dan analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa melalui variasi metode Kumon pada pembelajaran Matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 372.2 Sib m
Keywords: variasi metode kumon; matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 26 Jul 2016 07:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7013

Actions (login required)

View Item
View Item