Diroha, Imana (2012) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SUPER QUICK READING PADA BIDANG STUDI BAHASA INDONESIA KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH 18 MEDAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108113032 COVER.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
108113032 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
108113032 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
108113032 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
108113032 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
108113032 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
108113032 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
108113032 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
108113032 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
108113032 BAB I.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
108113032 BAB V.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
108113032 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan membaca siswa pada bidang studi Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca siswa di kelas V pada pokok bahasan membaca cepat di SD Muhammadiyah 18 Medan Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini bertujuan untuk mencari suatu metode yang dapat menunjang kegiatan belajar mengajar khususnya dalam materi membaca cepat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Super Quick Reading.Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah 18 Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 30 orang dan objek penelitian ini adalah penggunaan metode Super Quick Reading dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa pada bidang studi Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang diuraikan dalam II siklus. Tahapan dalam prosedur penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi yang diberikan kepada siswa.Dari penelitian yang penulis lakukan dengan 30 orang siswa pada siklus I pertemuan I, kemampuan membaca siswa tergolong sangat mampu 0 orang (0%), mampu 17 orang (57%), cukup mampu 5 orang (17%), kurang mampu 9 orang (26%), dengan nilai rata-rata 63% termasuk dalam kategori cukup mampu. Pada pertemuan II, kemampuan membaca siswa tergolong sangat mampu 3 orang (10%), mampu 17 orang (56%), cukup mampu 5 orang (17%), kurang mampu 5 orang (17%), dengan nilai rata-rata 69% termasuk dalam kategori cukup mampu. Pada siklus II pertemuan I tingkat kemampuan membaca siswa tergolong sangat mampu 5 orang (17%), mampu 21 orang (70%), cukup mampu 4 orang (13%), kurang mampu 0 orang (0%), dengan nilai rata-rata 77% termasuk dalam kategori mampu. Pada pertemuan II, kemampuan membaca siswa tergolong sangat mampu 24 orang (80%), mampu 6 orang (20%), cukup mampu 0 orang (0%), kurang mampu 0 orang (0%), dengan nilai rata-rata 91% termasuk dalam kategori sangat mampu. Dengan demikian, dapat disimpulkan penggunaan metode Super Quick Reading dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa pada pokok bahasan membaca cepat bidang studi bahasa Indonesia di kelas V SD Muhammadiyah 18 Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Dr m |
Keywords: | kemampuan membaca; metode super quick reading; bahasa indonesia |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 03:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7008 |