Setiawan, Dedek (2012) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) PADA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) BAGI SISWA KELAS IV SD 057203 ARACONDONG LANGKAT T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
071211920361 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
071211920361 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
071211920361 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
071211920361 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
071211920361 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
071211920361 BAB I.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
071211920361 BAB V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
071211920361 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn).Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa yang selama ini cenderung memilki aktivitas belajar yang rendah dan kurangnya aktivitas belajar siswa dan guru kurang menggunakan metode dalam pembelajaran, serta guru saat memberikan pembelajaran kurang bervariasi masih menggunakan pengajaran dengan ceramah secara konvensional yang menyebabkan siswa tidak aktif belajar khususnya pada pelajaran PKn pada pokok bahasan Sistem Pemerintahan Pusat kelas IV SD Negeri 057203 Aracondong Langkat. Metode yang digunakan adalah metode bermain peran (role playing) pelajaran Pendidikan kewarganegaraan (PKn) bagi siswa kelas IV SD Negeri 057203 Aracondong Langkat dengan tehnik pengumpulan data berupa lembar observasi yang digunakan pada prasiklus, siklus I dan II. Setelah diadakan penelitian menggunakan PTK siklus I dan II diperoleh Aktivitas siswa pada saat pra siklus kategori sangat rendah sebanyak 22 orang (73.33%), Kategori rendah 8 siswa (26.67%),. Pada siklus pertama aktivitas siswa kategori rendah sebanyak 15 orang (50%) dan sedang 15 orang (50%). Pada siklus kedua aktivitas siswa kategori tinggi 16 orang (53.33%) dan sangat tinggi 14 siswa (46.67%) Dengan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode bermain peran (role playing) dalam pelajaran PKn pokok bahasan Sstem Pemerintahan Pusat dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV SD negeri 057203 Aracondong Langkat. Namun demikian peneliti belum mengajarkan secara keseluruhan tehnik dan srategi pembelajaran metode bermain peran, maka untuk peneliti lain diharapkan dapat melanjutkan metode pembelajaran tersebut secara lengkap dan objektive, sebab pendekatan pembelajaran dengan menggunakan metode ini dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Set u |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Metoe Bermain Peran; PKn |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 26 Jul 2016 06:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7005 |