Saragih, Wulan Mutiara Br. (2012) MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGANALISIS UNSUR INSTRINSIK KARYA SASTRA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SOSIODRAMA PADA MATERI CERITA RAKYAT DI KELAS V SD NEGERI 020271 BINJAI TIMUR TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313400 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
108313400 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (612kB) | Preview
108313400 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
108313400 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
108313400 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
108313400 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
108313400 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
108313400 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
108313400 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
108313400 BAB I.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
108313400 BAB V.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
108313400 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam dalam menganalisis unsur instrinsik karya sastra. Adapun tujuan yang dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menganalisis unsur instrinsik karya sastra dengan menggunakan metode sosiodrama pada pelajaran Bahasa Indonesia.Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 020271 Binjai Timur Tahun Ajaran 2011/20 sebanyak 40 siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah testdan observasi. Analisis data yang dibukan adalah test dan penilaian ketuntasan belajar.Hasil penelitian ini diperoleh hasil belajar siswa pada awal (pre tes) diperoleh dari 40 siswa test terdapat 17 siswa yang dapat dikategorikan tuntas belajar yaitu yang mendapat nilai lebih dari 60 sedang siswa yang tidak tuntas belajar ada 23 siswa dengan perolehan nilai rata-rata 61,5 dan daya serap 61,5 %. Hasil belajar siswa pada yang tuntas belajar ada 24 orang dengan nilai rata-rata pada siklus kedua adalah dengan taraf serap 66,25%. Pada siklus II ini siswa yang kurang aktif sudah berkurang, jika dibandingkan dengan siklus I. Pada siklus II siswa yang aktif hanya 47,5%, sedangkan pada siklus I siswa yang aktif telah meningkat menjadi 82,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menggunakan metode sosiodrama dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menganalisis unsur instrinsik karya sastra pada Materi Cerita Rakyat di Kelas V SD Negeri 020271 Binjai Timur Tahun Ajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Sar m |
Keywords: | unsur instrinsik; metode sosiodrama; cerita rakyat |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1600 Drama |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 26 Jul 2016 06:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7004 |