Ginting, Ferry Andoni (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS V SEMESTER GENAP SD NEGERI 050604 BEKIUN KABUPATEN LANGKAT T.A. 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
071211920223 COVER.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
071211920223 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (558kB) | Preview
071211920223 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
071211920223 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
071211920223 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
071211920223 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
071211920223 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
071211920223 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
071211920223 BAB I.pdf - Published Version
Download (597kB) | Preview
071211920223 BAB V.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
071211920223 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Sifat-Sifat Cahaya dengan menggunakan Metode Demonstrasi di Kelas V Semester Genap SD Negeri 050604 Bekiun, Kabupaten Langkat T.A. 2011/2012.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 25 siswa pada semester genap SD Negeri 050604 Bekiun, Kabupaten Langkat T.A 2011/2012, terdiri dari 15 orang siswa dan 10 orang siswi. Data yang diperlukan diperoleh dengan menggunakan tes dan lembar observasi. Dengan pelaksanaan penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian yang diperoleh setelah melaksanakan tindakan bahwa hasil belajar siswa selama proses belajar mengajar berlangsung menunjukkan adanya peningkatan yang baik. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa pada setiap siklusnya. Pada tes awal, rata-rata nilai tes hasil belajar siswa diperoleh sebesar 40,6 dimana 3 orang siswa tuntas dalam belajar atau sebesar 12%, sedangkan 22 orang siswa atau sebesar 88% belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Setelah pelaksanaan tindakan ketuntasan pada siklus I terdapat rata-rata nilai tes hasil belajar siswa sebesar 62, dimana 12 orang siswa mencapai ketuntasan belajar atau sebesar 48%, sedangkan yang belum mencapai ketuntasan belajar terdapat 13 siswa atau sebesar 52%. Kemudian rata-rata nilai tes hasil belajar pada siklus II meningkat menjadi 82,6 dimana 22 orang atau sebesar 88% sudah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 3 orang siswa atau sebesar 12% belum mencapai ketuntasan belajar.Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa dengan menggunakan Metode Demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat cahaya di kelas V semester genap SD Negeri 050604 Bekiun Kabupaten Langkat T.A 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Gin m |
Keywords: | hasil belajar siswa; sifat-sifat cahaya; metode demonstrasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 02:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7002 |