Darismanto (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR DRIBBLE BOLA BASKET MELALUI MEDIA MODIFIKASI BOLA DENGAN METODE INKLUSI PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 BINJAI TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.6103311058 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM.6103311058 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
3.NIM.6103311058 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4.NIM.6103311058 PREPACE.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
5. NIM.6103311058 TABIE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM.6103311058 TABLE.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7.NIM.6103311058 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8.NIM.6103311058 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9.NIM.6103311058 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
13.NIM.6103311058 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14.NIM.6103311058 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dribble bola basket melalui media modifikasi bola dengan metode inklusi pada siswa kelas Kelas X SMK Negeri 1 Binjai Tahun Ajaran 2015/2016. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X RPL dengan jumlah siswa/siswi sebanyak 32 orang yang akan diberikan tindakan berupa pembelajaran melalui media modifikasi bola dengan metode Inklusi terhadap hasil belajar dribble bola basket. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research).
Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar di akhir setiap siklus yang berbentuk aplikasi penilaian Tes Hasil Belajar dribble Bola basket. Dengan pelaksanaan penelitian tes hasil belajar ini dilaksanakan selama dua minggu atau dua kali pertemuan. Analisis data dilakukan dengan cara presentase.
Hasil penelitian menyimpulkan : (1) dari tes hasil belajar siklus I diperoleh sebanyak 18 orang siswa (56,25%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sedangkan 14 orang siswa (43,75%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata 70,62. Namun belum memenuhi kriteria ketuntasan secara klasikal yang diharapkan yaitu 85%. (2) dari tes hasil belajar siklus II diperoleh data sebanyak 28 orang siswa (87,50%) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan 4 orang siswa (12,50%) masih belum tuntas. Dengan nilai rata-rata 80,62. Peningkatan persentase nilai rata-rata hasil belajar siswa dari tes sebelumnya yaitu 10% dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 31,25%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui modifikasi bola dengan metode inklusi dapat memberikan peningkatan terhadap hasil belajar dribble bola basket pada siswa kelas Kelas X SMK Negeri 1 Binjai 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PJS 016 |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Bola Basket; Media Pembelajaran |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 28 Jul 2016 03:02 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 03:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6986 |